Selasa 04 Jan 2022 06:15 WIB

Bagaimana Cara Meraih Kebahagiaan?

Alqur'an merupakan solusi jiwa dan modal bagi mereka yang ingin meraih kebahagiaan.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Kebahagiaan yang menular/ilustrasi
Foto: salon.com
Kebahagiaan yang menular/ilustrasi

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Alqur'an merupakan solusi jiwa dan modal bagi mereka yang ingin meraih kebahagiaan."Salah satu prinsip yang ditanamkan Alqur'an dalam kehidupan ini adalah Allah SWT menurunkannya untuk kebahagiaan kita," kata Ustaz Fahmi Salim dikutip dari bukunya yang berjudul "Tadabbur Qur'an di Akhir Zaman" terbitan Pro-U Media. 

Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam Alqur'an surat Thaha ayat 1 sampai 3. Allah berfirman, 

Baca Juga

طٰهٰ‌.  مَاۤ اَنۡزَلۡـنَا عَلَيۡكَ الۡـقُرۡاٰنَ لِتَشۡقٰٓى. اِلَّا تَذۡكِرَةً لِّمَنۡ يَّخۡشٰى

"Thaahaa. Kami tidak menurunkan Alqur'an itu kepadamu agar kamu menjadi susah, tetapi sebagai peringatan terhadap orang yang takut kepada Allah." (QS Thaha [20]: 1-3).

 

Jika memahami ayat tersebut, menurut Ustaz Fahmi Salim, maka maknanya, “Sungguh, Kami telah mewahyukan Alqur’an ini kepada engkau, ya Muhammad, tujuannya antara lain adalah untuk kebahagiaan agar engkau dan umatmu tidak sengsara di dunia dan selamat di akhirat.”

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa jika umat Islam mengabaikan segala aturan yang sudah ditegaskan oleh Allah SWT dalam Alqur’an, maka berakibat pada kesengsaraan. Allah SWT menegaskan,

“Dan barang siapa yang berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya kehidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunnya pada Hari Kiamat dalam keadaan buat.” (QS Taha [20]: 124).

Lalu, bagaimana cara meraih kebahagiaan?

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement