Saudi Luncurkan Kursus Kecakapan Bagi Pengajar Bahasa Arab

Selasa , 04 Jan 2022, 12:00 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Muhammad Hafil
 Saudi Luncurkan Kursus Kecakapan Bagi Pengajar Bahasa Arab. Foto:  Bendera Arab Saudi
Saudi Luncurkan Kursus Kecakapan Bagi Pengajar Bahasa Arab. Foto: Bendera Arab Saudi

IHRAM.CO.ID,JEDDAH -- Kompleks Internasional Raja Salman untuk Bahasa Arab (KSICAL) meluncurkan kursus kecakapan bagi guru bahasa Arab non-pribumi di Arab Saudi dan luar negeri.

 

Terkait

Proyek ini hadir sebagai kerangka layanan dan program KSICAL dalam bahasa Arab, untuk meningkatkan status global lembaga dan menjadi pelopor pengajaran. Hal ini diharapkan akan mempromosikan kehadiran global bahasa Arab dan mendukungnya.

Baca Juga

Adanya inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan kecakapan guru bahasa Arab non-pribumi, meningkatkan pengetahuan akademis mereka, serta memberi bekal keterampilan yang diperlukan, terkait dengan persiapan dan evaluasi materi pendidikan bahasa Arab.  

Dilansir di Arab News, Selasa (4/1), kursus pertama proyek ini akan berlangsung selama 10 bulan, diluncurkan bulan ini. Nantinya, akan ada empat kursus di Kerajaan dan 30 kursus virtual. Para ahli dan akademisi yang mengkhususkan diri dalam bahasa Arab akan menawarkan kursus-kursus ini.

Adapun proyek ini juga bertujuan untuk melatih 800 guru, melalui kursus teoretis dan terapan yang berfokus pada perencanaan, kebijakan linguistik, penyiapan dan penetapan kurikulum bahasa Arab, metode pengajaran yang memadai dan mendasar, serta metode pemrosesan bahasa Arab otomatis.

Kegiatan ini akan berkontribusi untuk mencapai Visi Kerajaan 2030, utamanya meningkatkan penyebaran konten bahasa Arab, menekankan peran bahasa sebagai salah satu dialog dan komunikasi yang konstan di antara negara-negara, serta mempromosikan pesan pertukaran pengetahuan dan keahlian di antara orang-orang.

Bagi mereka yang ingin mengikuti kursus pelatihan disebut dapat berkoordinasi dengan institusi tempat mereka bekerja untuk dicalonkan.

Calon peserta harus sudah memperoleh kualifikasi pendidikan yang sesuai, secara profesional dan akademis terkait dengan mata pelajaran kursus, dan lulus tes kecakapan linguistik pra-tes.

Lembaga ini nantinya akan mengungkapkan rincian kursus pelatihan melalui akun Twitter mereka, @KSGAFAL. KSICAL sendiri didirikan mengikuti keputusan pemerintah.

KSICAL hadir dalam kerangka Program Pengembangan Kemampuan Manusia, salah satu program Visi 2030 Kerajaan. Hal ini bertujuan untuk mempromosikan peran bahasa Arab secara lokal, regional dan internasional, memperluas kehadirannya dan melindunginya.

Mereka berusaha menjadi referensi global untuk bahasa Arab dan aplikasinya, dengan menerbitkan penelitian dan buku-buku spesialis dalam bahasa Arab, membangun tes bahasa Arab dan menetapkan standarnya, mengembangkan peraturan dan kamus, mendukung pengayaan konten bahasa Arab, dan memanfaatkan AI untuk melayani Bahasa Arab.  

https://www.arabnews.com/node/1997656/saudi-arabia

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini