Rabu 05 Jan 2022 05:32 WIB

Restoran Halal Tertua di London yang 'Selamat' Saat Pandemi

Di tengah pandemi yang melanda Inggris, restoran halal tertua di London bertahan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Restoran halal (ilustrasi).
Foto:

Pengaruh budaya ini terlihat jelas di Brick Lane di mana seseorang dapat menemukan segalanya mulai dari sandwich bagel halal hingga steak tomahawk halal. Dan tidak jarang menemukan jamaah Muslim selama Ramadhan mengantre untuk “bebek daging sapi asin” di depan toko roti Yahudi 24 jam di daerah itu.

Tower Hamlets, kawasan London Timur tempat Restoran Halal sekarang berada, adalah rumah bagi lebih dari 40 institusi Islam dan puluhan restoran halal. Di dekatnya adalah Masjid London Timur, didirikan pada tahun 1985 dan sekarang salah satu yang terbesar di Eropa, mampu menampung 7.000 jamaah.

Meskipun perkiraannya bervariasi, saat ini ada antara 8.000 dan 12.000 restoran India di Inggris, yang mayoritas halal. London sendiri adalah rumah bagi beragam restoran halal Asia Selatan.

Sejumlah hotel baru yang berfokus pada pariwisata telah bermunculan di dekat Restoran Halal karena kedekatannya dengan Menara London. Ini telah menambahkan beberapa pengunjung malam tambahan, kata Narangoli. Sejarah kumuh London Timur bahkan telah menjadi daya tarik wisata yang tidak mungkin.

Bagaimana pun, pandemi telah merusak bisnis, dan ada toko-toko terdekat yang belum buka kembali. Di sebelahnya, tempat pangkas rambut bernama Ahmed Scissorhands, yang merujuk pada film tahun 1990 "Edward Scissorhands," tetap tutup.

 

Untuk sebuah restoran yang selamat dari serangan Blitz dan hiruk-pikuk tenaga kerja tahun 1970-an, Narangoli hanya optimistis tentang kelangsungan jangka panjang restoran tersebut. "Mari kita lihat apakah keadaan mulai membaik segera. Kami sangat berharap para pekerja mulai bekerja lagi di kota (London). Saat itulah keadaan benar-benar bisa berbalik," kata Narangoli.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement