Kamis 06 Jan 2022 05:27 WIB

Reaksi Orang Bertakwa Saat Digoda Setan? 

Setan akan selalu menggoda dan mengajak manusia untuk berbuat maksiat dan dosa.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Alquran
Foto: Reuters
Alquran

IHRAM.CO.I JAKARTA -- Sebagaimana diketahui, setan akan selalu menggoda dan mengajak manusia untuk berbuat maksiat dan dosa dengan berbagai cara serta tipu muslihat.

Dalam Surah Al-A'raf Ayat 201 dan tafsirnya dijelaskan reaksi orang bertakwa saat digoda oleh setan. 

Baca Juga

اِنَّ الَّذِيْنَ اتَّقَوْا اِذَا مَسَّهُمْ طٰۤىِٕفٌ مِّنَ الشَّيْطٰنِ تَذَكَّرُوْا فَاِذَا هُمْ مُّبْصِرُوْنَۚ

Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa apabila mereka dibayang-bayangi pikiran jahat (berbuat dosa) dari setan, mereka pun segera ingat kepada Allah, maka ketika itu juga mereka melihat (kesalahan-kesalahannya). (QS Al-A'raf: 201)

Tafsir Kementerian Agama menerangkan, dalam ayat ini Allah menjelaskan reaksi orang-orang yang bertakwa bila digoda setan. Ayat ini memperkuat pula ayat sebelumnya tentang keharusan kita berlindung kepada Allah dari godaan setan.

Sesungguhnya orang yang bertakwa ialah orang yang beriman kepada yang gaib, mendirikan sholat, menginfakkan sebagian dari rezekinya. Bila mereka merasa ada dorongan dalam dirinya untuk berbuat kemungkaran, mereka segera sadar bahwa yang demikian itu adalah godaan setan dan mereka segera mengucapkan doa istiadzah dan menyerahkan diri kepada Allah agar dipelihara dari tipu muslihat setan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement