Akademisi: Islamofobia di India Bagian Lanskap Politik

Sabtu , 08 Jan 2022, 00:38 WIB Reporter :Andrian Saputra/ Redaktur : Agung Sasongko
Muslim India melakukan shalat berjamaah. (ilustrasi)
Muslim India melakukan shalat berjamaah. (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, NEW DELHI --- Seorang akademisi dari Universitas London, Subir Shina mengungkapkan bahwa Islamofobia yang terjadi di India merupakan bagian dari lanskap politik di negara tersebut. Hal ini disampaikan Shina dalam sebuah sesi wawancara dengan stasiun berita France 24 di Paris, Perancis seperti dilansir pada Jumat (7/1)

 

Terkait

Diketahui Kepolisian India telah melakukan penangkapan dan meluncurkan penyelidikan dalam kasus aplikasi online yang membagikan foto-foto sejumlah wanita Muslim terkemuka untuk lelang online palsu dalam kasus kebencian yang nyata terhadap komunitas minoritas.

Baca Juga

Kasus ini terjadi tepat setelah penyelidikan polisi atas para pemimpin agama Hindu berpengaruh yang menyerukan kekerasan dan bahkan pembersihan etnis dengan mempersenjatai umat Hindu melawan Muslim. 

Dalam pernyataannya Dr. Subir Sinha yang juga Dosen Senior di SOAS Universitas London dalam sesi wawancara  France 24 untuk membahas seberapa dalam Islamofobia telah mengakar dalam struktur budaya dan politik masyarakat India. Dia menegaskan bahwa tindakan Islamofobia sekarang terjadi di India dengan teratur. 

"Islamofobia sekarang terjadi di India dengan teratur. Insiden terbaru ini hanyalah cerminan dari penghinaan terhadap Muslim telah menjadi bagian dari lanskap politik," katanya. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini