Ahad 09 Jan 2022 14:38 WIB

Berangkatkan 419 Jamaah, Himpuh Imbau Jamaah Siapkan Mental

Himpuh mengimbau jamaah menyiapkan mental dalam pelaksanaan umroh di masa pandemi.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Jamaah umroh (ilustrasi)
Foto: dok. Himpuh
Jamaah umroh (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Asosiasai Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji (HIMPUH) memberangkatkan 419 jamaah umrohnya, Sabtu (8/1/2022). Keberangkatan jamaah ini merupakan perdana, setelah sempat beberapa waktu ditutup sementara.

Sekretaris Jenderal Himpuh, M Firman Taufik, mengimbau jamaah untuk menyiapkan mental dalam pelaksanaan umroh di masa pandemi. Selain harus mengikuti beragam aturan yang ada, umrah kali ini juga memakan biaya dan waktu yang tidak sedikit.

Baca Juga

"Mental jamaah harus disiapkan. Berangkat di masa pandemi, maka ada banyak aturan yang harus ditaati. Kedua, biaya mahal dan waktu yang lama," kata dia saat dihubungi Republika, Ahad (9/1/2022).

Berdasarkan perhitungan penyelenggara umroh, program umrah biasanya berjalan minimal 11 sampai 12 hari, termasuk karantina selama di Arab Saudi. Jamaah akan berada di Madinah selama 1 hingga 2 hari, dan sisanya dihabiskan di Makkah.

Firman menyebut, jika ditotal dengan masa karantina di Indonesia, maka waktu yang dibutuhkan jamaah untuk menyelesaikan umrah bisa mencapai 19 hari atau lebih. Karantina satu hari dilakukan sebelum keberangkatan dan tujuh hari saat kedatangan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement