Senin 10 Jan 2022 05:42 WIB

Temuan Bersejarah di Selimiye akan Dipamerkan

Masjid Selimiye merupakan sebuah kompleks yang telah masuk dalam Daftar Warisan Dunia

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Masjid Sulaiman di Turki.
Foto: Republika/Arif Supriyono
Masjid Sulaiman di Turki.

IHRAM.CO.ID,  EDIRNE -- Semua artefak sejarah yang digali di situs penggalian di dekat Masjid Selimiye di provinsi barat laut Edirne akan ditampilkan di 'archeo-park'. Taman tersebut saat ini sedang dibangun.

“Kami telah mengerjakan proyek ini selama sekitar empat bulan dan berharap untuk menyelesaikannya dan membuka pariwisata pada musim semi,” kata Walikota Edirne, Recep Gurkan dilansir dari laman Hurriyet daily news pada Ahad (9/1).

Baca Juga

Situs penggalian berada di tanah seluas sekitar 4.000 meter persegi. Terdapat makam dan sumur air dari era Romawi dan bangunan yang dibangun selama periode Kekaisaran Ottoman.

“Kami ingin membuat archeo-park, agora yang cocok dengan Masjid Selimiye yang agung. Makanya proses persiapannya lama sekali,” kata Gurkan.

 

Masjid Selimiye merupakan sebuah kompleks yang telah masuk dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO sejak 2011. Itu dibangun oleh Mimar Sinan, yang dikenal sebagai 'the Grand Architect' antara 1568 dan 1575. Sinan menyebut masjid itu sebagai 'masterpiece'-nya.

Kepala Asosiasi Promosi Edirne, Bahri Dinar setuju dengan walikota. Dia mengatakan bahwa archeo akan memberikan kontribusi 100 persen bagi perekonomian kota. "Sampai saat ini, tempat di dekat Masjid Selimiye tampak tak berdaya. Saya yakin agora akan fantastis,” kata dia. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement