Tujuh Manfaat Tanaman di Dalam Ruangan

Selasa , 11 Jan 2022, 05:50 WIB Redaktur : Esthi Maharani
Pot berisi tanaman dalam ruangan memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan.
Pot berisi tanaman dalam ruangan memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Menempatkan tanaman di dalam ruangan bisa menjadi salah satu pilihan bermanfaat terutama di masa pandemi Covid-19 yang berlangsung hampir dua tahun terakhir. Sebagian orang menikmati hidup dan bekerja di ruang dengan tanaman yang indah di sekitarnya karena menawarkan manfaat kesehatan termasuk untuk mental bagi mereka.

 

Terkait

Berikut tujuh manfaat tanaman di dalam ruangan dikutip dari Healthline, Senin (10/1/2002).

1. Tanaman dalam ruangan dapat membantu mengurangi tingkat stres

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Physiological Anthropology menemukan, tanaman di dalam rumah atau kantor Anda dapat membuat Anda merasa lebih nyaman dan tenang.

Dalam studi tersebut, peserta diberi dua tugas berbeda yakni melaporkan kondisi tanaman hias atau menyelesaikan tugas singkat berbasis komputer. Setelah setiap tugas selesai, peneliti mengukur faktor biologis yang terkait dengan stres, termasuk detak jantung dan tekanan darah.

Mereka menemukan, tugas bertanam dalam ruangan menurunkan respons stres pada peserta. Sementara tugas komputer, menyebabkan lonjakan denyut jantung dan tekanan darah, meskipun peserta penelitian yakni pria muda yang terbiasa dengan pekerjaan komputerisasi. Para peneliti menyimpulkan, bekerja dengan tanaman dapat mengurangi stres fisiologis dan psikologis.

2. Tanaman dapat mempertajam perhatian Anda

Tanaman plastik tidak akan membantu Anda lulus ujian. Dalam sebuah penelitian kecil yang melibatkan 23 peserta, peneliti menempatkan siswa di ruang kelas dengan tanaman palsu dan asli, foto tanaman, atau tanpa tanaman sama sekali.

Hasil pemindaian otak peserta menunjukkan, siswa yang belajar dengan tanaman hidup di kelas ternyata lebih perhatian dan lebih mampu berkonsentrasi daripada siswa di kelompok lain.

3. Bekerja dengan tanaman bisa menjadi terapi

Bagi orang yang mengalami gejala penyakit mental, bertanam dalam ruangan dapat membantu. Peneliti menggunakan terapi hortikultura untuk meningkatkan perasaan sejahtera di antara orang-orang dengan depresi, kecemasan, demensia, dan kondisi lainnya.

Klinik medis di Manchester, Inggris sejak beberapa waktu lalu bahkan meresepkan tanaman pot untuk pasien dengan gejala depresi atau kecemasan.