Selasa 11 Jan 2022 19:59 WIB

Milenial Dominasi Donatur ZIS Bukti Pentingnya Layanan Pembayaran Digital

Kelompok muda apalagi milenial sangat melek digital.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Seorang warga muslim melakukan tarnsaksi pembayaran zakat fitrah dan zakat mal secara daring dengan menggunakan aplikasi digital banking di Bintaro, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (22/4/2021). Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meminta umat Islam mengoptimalkan kecanggihan teknologi dalam menunaikan zakat di bulan Ramadhan yang bertujuan untuk menghindari kontak fisik di tengah pandemi COVID-19.
Foto:

Namun, Yusuf mengingatkan, cara menggaet donatur dari kelompok muda ini sebetulnya tidak hanya dengan digitalisasi. Dia mengakui digitalisasi itu penting, tetapi belum memadai. Menurutnya, juga diperlukan daya tarik melalui program yang ditawarkan, atau dengan melakukan penguatan brand.

"Agar kalangan milenial mau berdonasi itu nggak cukup dengan digital, tetapi harus juga memiliki daya tarik program. Ini paling penting. Atau terkait dengan brand, jadi seperti apa brand awareness yang terbentuk di benak milenial," paparnya.

Yusuf berpendapat, kalangan milenial lebih tertarik pada dorongan kemanfaatan sosial daripada kemanfaatan dari sudut pandang keagamaan. Misalnya, dengan membuat narasi bahwa donasi yang diberikannya akan membantu banyak orang keluar dari belenggu kemiskinan.

"Menurut saya lebih ke arah itu," ucapnya.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement