Rabu 12 Jan 2022 19:12 WIB

Ilmu Robotik tak Asing Bagi Umat Islam

Dari catatan sejarah, ilmu robotik bukanlah ilmu yang asing bagi umat Islam.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Agung Sasongko
Al Jazari
Al Jazari

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Rabithah Ma’ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (PW RMI NU) DKI Jakarta, KH Rakhmad Zailani Kiki mengungkap, banyak alumni pesantren dan santri yang mampu berkiprah bahkan menorehkan prestasi di bidang sains, teknologi bahkan robotik. 

“Jika merujuk pada silsilah dan catatan sejarah, ilmu robotik bukanlah ilmu yang asing bagi umat Muslim, bahkan penemu robotika pertama di dunia adalah seorang ilmuan Muslim yang bernama Ismail al-Jazari yang dijuluki sebagai Bapak Robotika Dunia,” jelas Kyai Kiki dalam webinar berjudul Strategi Pengambangan Sains Robotik bagi Guru, Ustad/Ustazah, Dosen Milinial-Moderat di Pesantren, Rabu (12/1). 

Baca Juga

Menurutnya, pendidikan robotik ini dapat membawa pesantren untuk dapat bersaing dengan sekolah-sekolah umum yang menyediakan fasilitas serupa. Kegiatan robotik ini, kata dia, juga dapat menjadi wadah stategis bagi para santri dan pengajar pesantren untuk mengembangkan minat dan skil di bidang teknologi dan informasi. 

“Robotik ini dapat dijadikan ekstrakulikuler maupun salah satu mata pelajaran, dan merupakan upaya RMI untuk meningkatkan kompetensi pengajar maupun santri untuk melahirkan SDM yang memiliki keahlian di bidang teknologi, khususnya robotik,” kata Kyai Kiki. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement