Berapa Biaya Tambahan Kenaikan Umroh Saat Ini? 

Kamis , 13 Jan 2022, 06:06 WIB Reporter :Imas Damayanti/ Redaktur : Agung Sasongko
Jemaah umroh mengelilingi Ka
Jemaah umroh mengelilingi Ka

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Melonjaknya varian baru Omikron di Arab Saudi saat ini membuat beberapa ketentuan protokol kesehatan serta kebijakan terkaitnya bertambah. Hal ini pun mempengaruhi biaya tambahan umroh yang ada saat ini. 

 

Terkait

Waketum Asosiasi Gabungan Perusahaan Haji dan Umroh Nusantara (Gaphura) Agah Sanusi menyampaikan bahwa jika dilihat dari sisi hitungan biaya unttk fasilitas umrah seperti tiket pesawat, hotel di Madinah dan Makkah sebetulnya tidak mengalami kenaikan yang signifikan dari tahun-tahun sebelumnya sebelum adanya pandemi Covid-19. Menurut dia, biaya sedikit mulai naik untuk transportasi darat selama program umrah. 

Baca Juga

"Kenaikan biaya umroh itu bukan untuk PPIU, akan tetapi semuanya untuk membayar fasilitas tambahan yang dikenakan kepada jamaah di saat umroh musim pandemi ini," kata Agah kepada Republika, Kamis (13/1). 

Kenaikan biaya umroh disebabkan adanya beberapa hal. Yakni dikarenakan pemesanan harus melalui platform GDS lokal sehingga harga semua bus yang biasa dipakai oleh jamaah disesuaikan dengan harga yang muncul di sistem platform, harga visa yang naik disebabkan oleh adanya tambahan biaya asuransi full coverage di dalam sistem visa. Di mana dalam sistem visa sebelumnya tidak ada.