Delapan Terobosan Baznas dalam Pengelolaaan Zakat Kedepan

Rabu , 19 Jan 2022, 03:03 WIB Reporter :Rossi Handayani/ Redaktur : Agung Sasongko
Badan Amil Zakat Nasional atau Baznas (ilustrasi)
Badan Amil Zakat Nasional atau Baznas (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, Ketua Baznas RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad, M.A mengungkap ada delapan terobosan yang akan dilakukan Baznas ke depan.  "Kami menyimak betul arahan Bapak Presiden yang menegaskan Baznas harus banyak inovasi membuat terobosan-terobosan dalam pengelolaan zakat," kata Selasa (18/1/2022).

 

Terkait

Prof Noor menjelaskan, terobosan pertama yang akan dilakukan Baznas yakni, Digitalisasi di semua sektor layanan, baik itu terkait dengan pengumpulan dan pendistribusian zakat, didukung oleh perencanaan yang sesuai dengan visi misi dan rencana strategis (renstra). Selain itu juga pengendalian dan evaluasi yang sesuai dengan transparan serta akuntabel, didukung dengan aplikasi digital untuk seluruh Baznas di Indonesia dengan sistem penyaluran mulai Baznas Pusat sampai daerah Kabupaten Kota.

Baca Juga

"Kedua, Kami juga akan bekerjasama dengan semua Kementrian Lembaga khususnya dengan Mentri BUMN dan Perindustrian untuk perusahaan-perusahaan swasta. Ketiga, Melakukan literasi zakat yang lebih informatif tapi simpel untuk para muzaki dan calon muzaki yang didukung dengan kemudahan membayar zakat," ucap Noor. 

Keempat, dalam beberapa bulan ke depan Baznas akan  melakukan kajian dan pemetaan yang lebih detail mengenai potensi zakat yang ada di bidang pertanian, perikanan, peternakan, pertambangan, perindustrian, pasar saham. Selain itu juga potensi zakat yang baru seperti youtuber, para start-up dan operator aplikasi digital, khususnya yang beroperasi di Indonesia.