Israel dan Jerman Minta PBB Kutuk Penyangkalan Holocaust

Jumat , 21 Jan 2022, 06:41 WIB Reporter :Umar Mukhtar/ Redaktur : Agung Sasongko
Pembantaian Yahudi oleh Nazi Jerman atau sering disebut Holocaust (Ilustrasi)
Pembantaian Yahudi oleh Nazi Jerman atau sering disebut Holocaust (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, TEL AVIV -- Israel dan Jerman akan meminta Majelis Umum PBB agar dengan suara bulat mengadopsi resolusi yang menolak dan mengutuk penyangkalan Holocaust. Duta Besar Jerman untuk Israel Susanne Wasum-Rainer dan duta besar Israel untuk Jerman, Jeremy Issacharaoff, telah menerbitkan seruan bersama menjelang pertemuan di New York.

 

Terkait

"Resolusi ini dimaksudkan untuk menjadi tanda harapan dan inspirasi bagi semua negara bagian dan masyarakat yang berdiri untuk keragaman dan toleransi, berjuang untuk rekonsiliasi dan memahami bahwa mengingat Holocaust sangat penting untuk mencegah kejahatan seperti itu terjadi lagi," tulis kedua diplomat itu, seperti dilansir laman One India, Kamis (20/1).

Baca Juga

Kedua duta besar itu mengatakan penyangkalan Holocaust adalah serangan terhadap para korban dan keturunan mereka, orang-orang Yahudi dan juga terhadap kondisi dasar masyarakat yang damai dan hidup berdampingan secara damai di seluruh dunia.

Seruan tersebut bertepatan dengan peringatan 80 tahun Konferensi Wansee, ketika para pemimpin Nazi bertemu di sebuah vila di tepi danau Wannsee Berlin untuk membahas pembunuhan sistematis hingga 11 juta orang Yahudi di Eropa. Risalah dari pertemuan tahun 1942 telah dilestarikan hingga hari ini, menjadikannya simbol genosida yang sudah berlangsung pada saat itu.

Resolusi PBB mengusulkan definisi seragam antisemitisme dan investasi dalam pendidikan dan peningkatan kesadaran. Juga mendesak perusahaan media sosial untuk mengambil langkah aktif untuk memerangi penyangkalan Holocaust.