Rabu 26 Jan 2022 17:17 WIB

Catat, ini Amalan Istimewa di Hari Jumat

Nabi Muhammad SAW memberikan sejumlah tuntunan dalam memuliakan Hari Jumat.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Agung Sasongko
Dzikir kepada Allah (ilustrasi)
Foto:

Pertama, dianjurkan memperbanyak shalawat kepada Nabi Muhammad SAW di hari Jumat dan di malam Jumatnya. Hal ini sebagaimana sabda Nabi, “Perbanyaklah oleh kalian bershalawat kepadaku di hari Jumat dan malam Jumatnya,”.

Ibnul Qayyim menjelaskan bahwa Rasulullah menjadi tuannya para manusia, sedangkan hari Jumat itu merupakan tuannya hari-hari yang ada. Maka bershalawat di hari tersebut sangat dianjurkan sebab terdapat keistimewaan khusus yang tidak ada bandingannya di selain hari Jumat. 

Kedua, perintah untuk mandi di hari Jumat. Perintah ini merupakan perintah yang sangat dianjurkan. Wajibnya mandi Jumat lebih kuat daripada perintah wajibnya shalat witir, membaca basmalah dalam shalat, wajibnya berwudhu bagi yang menyentuh kemaluan, wajibnya berwudhu bagi yang tertawa terkekeh-kekeh dalam shalat, waibnya wudhu bagi yang mimisan dan muntah.

Ketiga, memakai wangi-wangian. Memakai wangi-wangian di hari Jumat itu lebih utama daripada memakainya di selain hari Jumat dari seluruh hari yang ada dalam sepekan.

Keempat, bersiwak. Bersiwak pada hari Jumat memiliki kelebihan yang tidak didapatkan saat bersiwak di selain hari Jumat.

Kelima,, bersegera berangkat ke tempat shalat Jumat lebih awal guna menunaikan shalat.

Keenam, menyibukkan diri dengan shalat, berzikir, dan membaca Alquran hingga imam keluar untuk khutbah dan shalat Jumat.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement