Suami Minta Istri Pakai Perhiasan Sepanjang Waktu, Bolehkah? 

Kamis , 27 Jan 2022, 16:26 WIB Reporter :Alkhaledi Kurnialam / Redaktur : Agung Sasongko
Perhiasan emas (ilustrasi).Bagaimana hukumnbya suami minta istri kenakan perhiasan sepanjang waktu?
Perhiasan emas (ilustrasi).Bagaimana hukumnbya suami minta istri kenakan perhiasan sepanjang waktu?

Dilansir dari Islam Web, Senin (24/1), sudah menjadi kewajiban istri untuk mentaati suaminya dalam segala hal yang berhubungan dengan kenikmatan seksual dalam hal kecantikan, pengaplikasian wewangian, dan sejenisnya. 

 

Terkait

Syariat Islam telah menganjurkan istri untuk menghiasi dirinya bagi suaminya dengan pakaian, wewangian, dan sejenisnya.  Dia telah diperintahkan untuk menghiasi dirinya dengan apa pun yang menyenangkan suaminya dan membuatnya bahagia.  

Dalam hadist disebutkan yang artinya:

Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Sebaik-baik wanita adalah yang membuat suaminya bahagia ketika memandangnya, menaatinya ketika dia memerintahkannya, dan dia tidak menentang keinginannya sehubungan dengan dirinya sendiri atau kekayaannya.”  (HR. Ahmad dan An-Nasaa'i). 

Menjadi kewajiban bagi istri untuk menghiasi diri mereka untuk suami, bahkan jika mereka tidak meminta untuk melakukannya.  Para ahli hukum Islam menetapkan bahwa adalah hak suami, agar istri menghiasi diri mereka. 

Dalam Ad-Durr Al-Mokhtaar yang ditulis oleh Al-Haskafi dari Mazhab Hanafi disebutkan, "Seorang suami dapat mengajukan keluhan kepada Hakim terhadap istrinya karena tidak berpakaian untuknya karena perhiasan adalah haknya."  

Berhias diri bagi istri adalah hak suami, dan istri tidak bisa meninggalkannya.  Hak ini akan lebih wajib ketika suaminya memintanya untuk melakukannya.