Kamis 27 Jan 2022 16:26 WIB

Suami Minta Istri Pakai Perhiasan Sepanjang Waktu, Bolehkah? 

Bagaimana hukumnya suami minta istri pakai perhiasan sepanjang waktu?

Rep: Alkhaledi Kurnialam / Red: Agung Sasongko
Perhiasan emas (ilustrasi).Bagaimana hukumnbya suami minta istri kenakan perhiasan sepanjang waktu?
Foto:

Dalam The Kuwaiti Encyclopedia of Jurisprudence berbunyi: “Jika suami memerintahkan istrinya untuk berhias untuknya, maka perhiasan itu wajib baginya karena itu adalah salah satu haknya, dan karena ketaatan kepada suami dalam kebaikan adalah kewajiban istri. ”  

Kemudian memakai perhiasan adalah bagian dari berhias diri, maka ketika suami memerintahkan istrinya untuk memakainya, itu menjadi wajib baginya, kecuali jika ada kerugian baginya dalam melakukannya.

Diriwayatkan dalam As-Sunnan Al-Kubra dari Al-Bayhaqi dan al-Musannaf dari Abu Shaybah atas otoritas `Ikrimah dari Ibn 'Abbas RA, bahwa dia meriwayatkan: "Istri, sebagaimana aku mencintainya untuk menghiasi dirinya untukku, karena Allah Ta'ala berfirman, (yang artinya),"Dan karena istri-istri itu serupa dengan apa yang diharapkan dari mereka, menurut apa yang masuk akal." [QS. Al Baqarah: 228 ]. 

 

Bagaimanapun, masalah ini seharusnya tidak menjadi penyebab perselisihan di antara pasangan. Sebaliknya, mereka disarankan agar masing-masing melihat aspek kepuasan satu sama lain, dan ketika terjadi perselisihan, itu harus ditangani dengan bijak, dengan mempertimbangkan untuk mengabaikan perbedaan dan mencari alasan untuk melanggengkan keintiman dan kasih sayang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement