Kamis 03 Feb 2022 09:55 WIB

Cara Mengajarkan Anak Mengenakan Hijab

Bukan hal yang mudah mengajarkan anak-anak mengenakan hijab.

Rep: Mabruroh/ Red: Agung Sasongko
 Sejumlah anak belajar memakai jilbab syar

8. Miliki ekspektasi tinggi yang sama terhadap anak laki-laki

Perlakukan ajaran terhadap anak laki-laki dan perempuan sama. Bila anak perempuan diajarkan sopan dan tertutup maka ajarkan juga anak laki-laki untuk menjaga kesopanan mereka, menurunkan pandangan mereka, dan memperlakukan wanita dengan hormat. 

9. Biarkan bakatnya berkembang selama pra-pubertas dan pubertas

Bantu dia mencapai mimpinya dan mencapai potensinya. Jika dia memiliki bakat atau hasrat, peliharalah dan berinvestasi dalam persediaan yang dia butuhkan. Karena dengan kita berinvestasi di dalamnya, mereka akan merasa diberdayakan, dicintai, dan lebih bersedia mendengarkan nasihat dan terhubung dengan keluarga dan komunitas Muslim mereka.

10. Dengarkan dia.

Benar-benar mendengarkan. Jika dia memiliki kekhawatiran tentang jilbab, jangan hanya memotongnya dan mengabaikan ketakutannya. Terutama jika Anda adalah seorang ayah yang tidak pernah harus menjadi seorang Muslim yang “terlihat” dalam masyarakat yang mayoritas non-Muslim, Anda tidak tahu apa yang sedang dialami oleh seorang Muslimah bercadar.

Diskusikan kemungkinan skenario dan bagaimana dia dapat merespons dengan percaya diri. Serta bicarakan tentang apa yang harus dilakukan dalam kasus bullying. Bantu dia merumuskan tanggapan yang ringkas dan benar. Yang terpenting, katakan padanya bahwa Anda akan mendapatkannya kembali apa pun yang terjadi.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement