Selasa 08 Feb 2022 13:45 WIB

Beri Nama Anak, Berikut Nama-Nama Islami yang Baik

Dalam Islam, nama adalah doa.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Wanita Menyusui Bayi
Foto:

4. Prioritas keempat: Nama orang shalih
 
Terutama nama para sahabat; karena merekalah generasi terbaik umat ini. Sebaik-baik mereka adalah para Khulafaur Rasyidin, yaitu Abdullah (Abu Bakr), Umar, Utsman dan Ali.
 
Untuk anak perempuan bisa menggunakan nama istri-istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Contohnya: Khadijah, Saudah, Aisyah, Hafshah, Zainab, Juwairiyyah, Shafiyah dan Maimunah.
 
5. Prioritas kelima: Nama lainnya yang memenuhi syarat dan adab
 
Yakni bukan nama tokoh non muslim. Kemudian memiliki susunan dan makna yang bagus. Tidak boleh menggunakan nama yang makruh dan terlarang. Begitu juga tidak boleh menggunakan nama yang mengandung celaan dan mengandung tazkiyah (klaim kesucian dan pujian kepada diri sendiri). Nama semacam ini biasa diubah oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.
 
Kemudian hendaknya menggunakan nama yang mudah diucapkan di lisan dan mudah diingat. Diusahakan menggunakan nama yang cocok dengan orang yang diberi nama dan tidak nyeleneh atau keluar dari kebiasaan yang dipakai dalam agamanya atau masyarakat sekitarnya. 
 
Di samping itu, pemberian nama dan nasab menjadi hak dari Ayah. Ibnul Qayyim rahimahullah menjelaskan, bahwa tidak ada perselisihan di antara para ulama mengenai pemberian nama merupakan hak ayah. Begitupula tidak ada perselisihan mengenai disyariatkannya penisbatan anak terhadap nama ayahnya, bukan nama ibunya (bin fulan bukan bin fulanah). Allah ta’ala berfirman,
 
"ادْعُوهُمْ لِآَبَائِهِمْ"
 
Artinya: “Panggilah mereka dengan (memakai) nama bapak-bapak mereka.” QS. Al Ahzab (33): 5.
 

 

Namun demikian, istri diperbolehkan untuk memberi masukan kepada suami tentang nama anak.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement