Kamis 10 Feb 2022 14:41 WIB

Saudi Kumpulkan Pakar Teknologi Mancanegara di Forum Smart Madinah

Forum tersebut menghadirkan tiga diskusi panel dan beberapa presentasi

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Agung Sasongko
Salah satu sudut kota Madinah (ilustrasi).
Foto:

“Strategi dan tujuan program Smart Madinah sangat human-centric dan warga perlu membantu menyoroti tantangan dan menemukan solusi teknologi yang tepat.”

Dia mengatakan, transportasi merupakan salah satu tantangan utama yang dihadapi kota ini. Akibatnya, salah satu sektor prioritas utama dalam strategi kota pintar Madinah adalah mobilitas. Madinah adalah tujuan populer bagi umat Islam dari seluruh dunia dan lalu lintas yang padat di kota merupakan masalah utama bagi komuter dan badan-badan sipil, kata dia.

“Transportasi adalah salah satu tantangan utama yang dihadapi kota ini,” kata Ibrahim. 

“Akibatnya, salah satu sektor prioritas utama dalam strategi kota pintar Madinah adalah mobilitas. Tantangan ini akan dibahas dalam prioritas strategis itu dan kami memiliki sekelompok studi kasus yang ingin kami terapkan menggunakan teknologi sebagai sarana untuk memecahkan tantangan ini.”

Otoritas Data dan Kecerdasan Buatan Saudi sedang menjajaki cara untuk menciptakan negara yang cerdas dan telah mendirikan dua laboratorium inovasi yang dikatakan sangat penting untuk pengembangan solusi kecerdasan buatan. “SDAIA berfokus pada kota pintar, sangat berdasarkan arahan dari ketua dewan, Putra Mahkota Mohammed bin Salman,” kata Nasser Al-Rayes, wakil CEO otoritas.

“Kami telah terlibat dengan rekan-rekan kami dari otoritas Madinah sejak awal mengembangkan strategi ini, jadi ini bukan hanya satu kali pertemuan. Sekarang, ada banyak lokakarya dan banyak keterlibatan untuk memastikan bahwa apa pun yang mereka cita-citakan pasti selaras dengan arahan nasional dan, yang terpenting, ini selaras dengan agenda data dan AI yang dipimpin SDAIA.”

 

Dalam forum tersebut, para pakar juga membahas isu kota pintar dengan judul “Semua untuk satu dan satu untuk semua.”Lakshita Wijerathne, chief operating officer di perusahaan teknologi Eutech, mengatakan, “Untuk membantu platform kota pintar memenuhi tujuan Anda, satu hal kuncinya adalah ketika Anda memiliki begitu banyak sensor … Anda memiliki pengunjung, penghuni, warga Anda … jadi platform akan dapat mengumpulkan dan menganalisis sejumlah besar data. Jadi itu akan memberi Anda informasi berharga terkait dengan pemahaman kesadaran situasional Anda.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement