Sabtu 12 Feb 2022 19:14 WIB

Jika Umat Islam Meninggalkan Alquran

Tafsir Surah Ar-Ra'd Ayat 1 menerangkan akibat jika umat Islam tinggalkan Alquran.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Penduduk Desa di Irak Simpan Alquran Berusia 700 Tahun. Tafsir Surah Ar-Ra'd Ayat 1 menerangkan akibat jika umat Islam meninggalkan Alquran.
Foto:

Alquran memotivasi manusia untuk bangkit berjuang menegakkan kebenaran, menghancurkan kemungkaran, menegakkan keadilan, dan melenyapkan kezaliman. Dengan menjalankan petunjuk Alquran umat Islam mampu menjadi bangsa yang berwibawa.

Tapi ketika Alquran ditinggalkan, umat Islam lebih memilih keduniaan daripada akhirat yang kekal. Akibat ketidakyakinan umat Islam terhadap janji-janji Allah yang termaktub dalam Alquran, umat Islam berubah menjadi bangsa yang terbelakang, terbelit kemiskinan dan kebodohan.

Jika umat Islam saat ini tidak menyadari kekeliruannya dan tidak berusaha memperbaikinya, dengan cara kembali menjalankan pesan-pesan Alquran, maka umat Islam akan tetap terpuruk dalam kebodohannya.

Allah tidak akan mengubah nasib mereka jika mereka tidak mengubah nasib mereka sendiri. Firman Allah SWT: Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. (QS Ar-Rad: 11)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement