Ahad 13 Feb 2022 16:15 WIB

Muslim India Dukung Aksi Protes Larangan Jilbab di Sekolah

Muslim India mendukung aksi protes larangan jilbab di sekolah.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Murid sekolah Muslimah di negara bagian Assam, India
Foto: Indiatodayi.in
Murid sekolah Muslimah di negara bagian Assam, India

IHRAM.CO.ID,  KARNATAKA -- Aksi protes larangan jilbab di sekolah-sekolah Negara Bagian Kartanaka, India, memicu aksi protes serupa setidaknya empat negara bagian India lainnya, yaitu Benggala Barat, Uttar Pradesh, Telangana, dan ibu kota New Delhi.

Di berbagai tempat, gerombolan Hindu sayap kanan, yang mengenakan selendang dan topi safron, menghadapi pengunjuk rasa dan bentrok dengan polisi. Bahkan, terlihat massa yang sebagian besar terdiri dari mahasiswa dan aktivis muda dari berbagai organisasi Hindu sayap kanan melakukan pawai di seluruh Karnataka.

Baca Juga

Pada hari yang sama, sebuah video viral di media sosial di mana gerombolan Hindutva terlihat mengolok-olok seorang siswa Muslim Muskan Khan, ketika dia memasuki perguruan tinggi di distrik Mandya. Muskan berupaya menghadapi massa dan tetap memasuki kampus, dimana hal itu dipuji secara daring maupun di dunia nyata, atas keberaniannya.

“Dia tidak punya siapa-siapa selain Allah untuk dipanggil,” kata ayah Muskan, Mohammad Hussain Khan.

Khawatir eskalasi ketegangan lebih lanjut, pemerintah mengumumkan penutupan segera semua sekolah dan perguruan tinggi di negara bagian itu. Ketua Menteri Basavaraj S Bommai, dalam pernyataannya mengimbau seluruh siswa, guru dan manajemen sekolah meupun perguruan tinggi, serta masyarakat Karnataka, untuk menjaga perdamaian dan kerukunan.

"Saya telah memerintahkan penutupan semua sekolah menengah dan perguruan tinggi selama tiga hari ke depan. Semua pihak terkait diminta untuk bekerja sama,” tulisnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement