Rabu 23 Feb 2022 19:45 WIB

Ekosistem Halal Indonesia Diprediksi Jadi Mesin Pertumbuhan Ekonomi

Ekosistem halal di Indonesia dinilai memiliki potensi.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Kawasan industri halal. Ilustrasi
Foto:

Hingga saat ini, BPJPH telah menerima banyak permohonan kerja sama dari pemerintah dan organisasi non-pemerintah (lembaga halal luar negeri) di seluruh dunia.
 
Tren halal yang mondial tersebut tak terlepas dari prospek dan lanskap industri dan ekosistem halal yang terus berkembang. Ekosistem halal tidak hanya berkembang di Muslim seperti Indonesia, tetapi juga di berbagai negara di dunia.
 
Artinya, distribusi industri dan produk halal selain ada di negara-negara Muslim atau negara-negara dengan penduduk mayoritas Muslim, juga berkembang di negara-negara minoritas Muslim. 
 
Berbicara tentang halal, tidak hanya berbicara tentang agama atau kepatuhan beragama. Namun, hal ini juga membicarakan masyarakat lain yang juga konsumen sadar halal, atau memperhatikan halal sebagai gaya hidup sehat. 
 

 

"Selain sebagai bentuk kepatuhan beragama, halal juga merupakan standar yang menyangkut keselamatan, kesehatan, keutuhan, kebersihan, kemanusiaan, kebaikan, kelestarian dan keutuhan, yang merupakan ciri peradaban modern dan jaminan mutu standar global," kata Aqil Irham. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement