Ahad 06 Mar 2022 10:30 WIB

Puasa Satu Bulan Penuh di Bulan Syaban, Bolehkah?

Bolehkah Berpuasa Sebulan Penuh di Bulan Syaban.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
Puasa Satu Bulan Penuh di Bulan Syaban, Bolehkah?. Foto: Tadarus saat berpuasa. Ilustrasi
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Puasa Satu Bulan Penuh di Bulan Syaban, Bolehkah?. Foto: Tadarus saat berpuasa. Ilustrasi

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Rasulullah ﷺ memperbanyak puasa selama di bulan Syaban. Namun bolehkah seseorang berpuasa sebulan penuh selama Sya'ban?

"Puasa di bulan Syaban. Apakah setiap hari? Tidak boleh, Rasulullah ﷺ tidak pernah berpuasa sebulan penuh kecuali di bulan Ramadhan. Jadi silahkan  berpuasa Senin-Kamis, puasa 15 hari lanjut full," kata Pendakwah lulusan Universitas Islam Madinah, Ustadz Syafiq Riza Basalamah melalui siaran Youtube resminya. 

Baca Juga

Ustadz melanjutkan, hanya saja hukumnya makruh bagi orang yang berpuasa setelah 15 Sya'ban. Padahal dia tidak pernah berpuasa sebelumnya. Ustadz Syafiq mengatakan, usahakan berpuasa di awal Sya'ban, namun apabila ingin berpuasa setelah tanggal 15 dibolehkan, hanya saja sebagian ulama memakruhkan hal itu.

"Yang tidak boleh berpuasa pada hari yang diragukan, umpamanya ini hari tanggal 29, besok 30 orang ribut ada yang mengatakan besok 1 Ramadhan, lalu berpuasa dengan harapan kalau besok Ramadhan ana puasa ramadhan, kalau gak sunnah. Ini hari yang diragukan, dperselisihkan. Kalau biasa puasa hari Senin puasa mau hari ini tanggal 29, 30, ana Senin biasa puasa, silahkan puasa, karena puasa Seninnya," lanjut Ustadz.

Adapun Aisyah radhiyallahu anha mengatakan

وما رأَيتُ رسولَ اللهِ استكمَلَ صيامَ شهرٍ قطُّ إلَّا رَمَضانَ، وما رأيتُه أكثرَ صيامًا منه في شعبانَ

“Saya tidak pernah mengetahui Rasulullah ﷺ berpuasa sebulan penuh kecuali pada bulan Ramadhan, dan saya tidak pernah mengetahui beliau lebih banyak berpuasa daripada di bulan Sya’ban.” (HR Bukhari dan Muslim)

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement