Selasa 08 Mar 2022 11:31 WIB

Tiga Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Ramadhan

Manfaatkanlah Ramadhan ini sebaik-baiknya.

Rep: Haura Hafidzah/ Red: Agung Sasongko
Ramadhan
Foto:

1.Pahami Alasan Dibalik Puasa

Sebelum Anda dapat memulai bulan puasa, Anda perlu mengetahui mengapa umat Islam berpuasa terlebih dahulu.  Alasannya dapat ditemukan dalam Al-Qur'an yaitu puasa adalah ibadah dan ketaatan kepada Allah swt. Itu merendahkan hati manusia dan membuat hati nurani hadirat Tuhan. Puasa juga membantu mengendalikan keinginan dasar manusia seperti rasa haus dan lapar.

Orang yang berpuasa merasakan kepedihan kelaparan selama hari puasa dan dapat berempati dengan orang-orang yang kurang beruntung yang merasakan kepedihan serupa karena kemiskinan sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari.  Berbuka puasa setiap hari juga merupakan sukacita dan rahmat yang besar dari Tuhan.

 Ikuti sunnah Nabi saat berpuasa di bulan Ramadhan.  Bukalah buku-buku atau artikel-artikel Islami untuk mempelajari tentang cara-cara membatalkan puasa sehingga Anda dapat menghindari berbuka puasa secara tidak sengaja.

 Dalam beberapa hari mendatang, cobalah beberapa puasa percobaan sehingga Anda dapat memahami puasa jauh sebelum Ramadhan dimulai.  Saya selalu mencoba untuk terlibat dalam beberapa hari puasa jauh sebelum Ramadhan untuk mempersiapkan tubuh saya untuk kerasnya bulan puasa.

 

2.Sempurnakan Doa Anda

Jika Anda belum menyempurnakan doa-doa Anda, sekaranglah saatnya untuk melakukannya.  Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an :

Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada-Ku. Bulan Ramadhan mencakup shalat wajib lima waktu serta shalat Tarawih malam, yang direkomendasikan untuk semua Muslim.  Jika doa Anda kurang sekarang, Anda mungkin kesulitan untuk mengikuti doa selama Ramadhan.

Dosa besar untuk melewatkan satu doa pun.  Sempurnakan doa Anda sekarang.  Hari-hari ini Anda dapat belajar bagaimana berdoa dengan benar dari DVD atau bahkan di situs web YouTube.  Jika Anda ragu, hubungi Imam setempat Anda dan mintalah bantuan untuk mempelajari cara melakukan shalat Islami dengan benar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement