Rabu 09 Mar 2022 11:47 WIB

Mengapa Rasulullah Larang Tidur Tengkurap, Ini Alasannya

Nabi Muhammad SAW melarang tidur secara tengkurap.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi tidur tengkurap
Foto: Dokumen Republika
Ilustrasi tidur tengkurap

IHRAM.CO.ID, KAIRO -- Salah satu anjuran dalam Islam yang dikenal umat adalah menjauhkan diri dari tidur dengan posisi tengkurap. Sekretaris Lembaga Fatwa Mesir, Dar Ifta, Syekh Ahmed Wissam membenarkan bahwa Nabi melarang tidur dengan posisi tengkurap. Tidur tengkurap dilarang karena Nabi menyebut perilaku itu sebagai tindakan yang dibenci Allah SWT. 

Dilansir dari Elbalad, Rabu (/3/2022), Syekh Ahmed kemudian merinci bahwa larangan itu tidak sampai mengharamkan tidur tengkurap. Tidur tengkurap dikatakannya makruh dilakukan dan jika seseorang memang membutuhkannya, seperti dalam terapi atau pengobatan, maka boleh tidur dengan kondisi tersebut. 

Baca Juga

Syekh Ahmed mengutip hadist sebagaimana riwayat dari Ya’isy bin Thakhfah Al Ghifariy, dari ayahnya, dia berkata:

فَبَيْنَمَا أَنَا مُضْطَجِعٌ فِى الْمَسْجِدِ مِنَ السَّحَرِ عَلَى بَطْنِى إِذَا رَجُلٌ يُحَرِّكُنِى بِرِجْلِهِ فَقَالَ « إِنَّ هَذِهِ ضِجْعَةٌ يُبْغِضُهَا اللَّهُ ». قَالَ فَنَظَرْتُ فَإِذَا رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- 

Artinya: “Saat aku sedang berbaring tengkurap di masjid di waktu sahur, lalu tiba-tiba ada seseorang menggerak-gerakkan aku dengan kakinya. Dia pun berkata, “Sesungguhnya ini adalah cara tidur yang dibenci oleh Allah.” Kemudian aku pandang orang tersebut, ternyata ia adalah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. (H.R. Abu Daud dan Ibnu Majah)

Adapun ulama lain dari Al-Azhar, Dr. Ibrahim Reda mengatakan seorang Muslim sudah sepatutnya mencontoh cara tidur Nabi Muhammad SAW. Dia menjelaskan, Nabi jika ingin tidur, dia akan berwudhu dan berdo'a:

اللهم بك وضعت جنبي وبك أرفعه فإذا أمسكت روحي فارحمها وإذا أرسلتها فاحفظها بحفظك

Latin: Allahumma wa dho’tu janbii, wa bika arfa’uhu, in amsakta nafsii farhamhaa, wa in arsaltahaa fahfazhhaa bimaa tahfazhu bihi ‘ibaadakash-sholihiin.

Artinya: "Dengan nama Engkau, wahai Tuhanku, aku meletakkan lambungku. Dan dengan namaMu pula aku bangun daripadanya. Apabila Engkau menahan rohku (mati), maka berilah rahmat padanya. Tapi apabila Engkau melepaskannya, maka peliharalah, sebagaimana Engkau memelihara hamba-hambaMu yang shalih." (HR. Al-Bukhari dan Muslim).  

"Kita harus mengikuti sunah Nabi SAW, tidur dengan wudhu, kemudian mengulangi dzikir dan tidurlah menghadap je kanan. Jika seseorang tidur, dia boleh tidur dalam posisi apapun yang dia suka setelah itu, karena setelah itu dia tidak merasakan apa yang dia lakukan, "kata Syekh Ibrahim. Alkhaledi kurnialam 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement