Kamis 17 Mar 2022 16:02 WIB

 10 Fakta tentang Setan yang Perlu Diketahui

Setan akan pernah berhenti menjerumuskan manusia pada kesesatan hingga hari kiamat.

Rep: Alkhaledi Kurnialam / Red: Agung Sasongko
Setan (Ilustrasi)Setan akan pernah berhenti menjerumuskan manusia pada kesesatan hingga hari kiamat.
Foto:

5.Bertebaran ketika matahari terbenam 

Di antara tuntunan dalam Islam adalah agar orang tua menyeru pada anaknya agar tidak bermain atau keluyuran ketika matahari sedang terbenam dan setelah matahari terbenam. Sebab saat itu setan tengah menyebar. Sebagaimana diriwayatkan dalam sahih Bukhari dan Muslim dari Jabir bin Abdullah, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

 إِذَا كَانَ جُنْحُ اللَّيْلِ أَوْ أَمْسَيْتُمْ فَكُفُّوا صِبْيَانَكُمْ ، فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْتَشِرُ حِينَئِذٍ ، فَإِذَا ذَهَبَ سَاعَةٌ مِنْ اللَّيْلِ فَخَلُّوهُمْ ، وَأَغْلِقُوا الْأَبْوَابَ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ لَا يَفْتَحُ بَابًا مُغْلَقًا ، وَأَوْكُوا قِرَبَكُمْ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ ، وَخَمِّرُوا آنِيَتَكُمْ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ وَلَوْ أَنْ تَعْرُضُوا عَلَيْهَا شَيْئًا ،  وَأَطْفِئُوا مَصَابِيحَكُمْ

"Jika malam datang menjelang, atau kalian berada di sore hari, maka tahanlah anak-anak kalian, karena sesungguhnya ketika itu setan sedang bertebaran. Jika telah berlalu sesaat dari waktu malam, maka lepaskan mereka. Tutuplah pintu dan berzikirlah kepada Allah, karena sesungguhnya setan tidak dapat membuka pintu yang tertutup. Tutup pula wadah minuman dan makanan kalian dan berzikirlah kepada Allah, walaupun dengan sekedar meletakkan sesuatu di atasnya, matikanlah lampu-lampu kalian." (HR. Bukhari, no. 3280, Muslim, no. 2012).

6. Setan tak bisa menyentuh benda

Tak semestinya menghubungkan setiap sesuatu kepada setan, karena bukan setan yang mengambil hartamu yang hilang darimu. Dan bukan setan juga yang mengembalikannya. Karena setan itu tidak bisa membuka pintu yang tertutup dan tidak bisa juga mengangkat penutup. Sebagaimana dalam sahih Bukhari Muslim diriwayatkan dari Jabir, nabi bersabda:

وَأَغْلِقُوا الْأَبْوَابَ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ لَا يَفْتَحُ بَابًا مُغْلَقًا ، وَأَوْكُوا قِرَبَكُمْ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ ، وَخَمِّرُوا آنِيَتَكُمْ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ وَلَوْ أَنْ تَعْرُضُوا عَلَيْهَا شَيْئًا ، وَأَطْفِئُوا مَصَابِيحَكُمْ

Tutuplah pintu dan berzikirlah kepada Allah, karena sesungguhnya setan tidak dapat membuka pintu yang tertutup. Tutup pula wadah minuman dan makanan kalian dan berzikirlah kepada Allah, walaupun dengan sekedar meletakkan sesuatu di atasnya, matikanlah lampu-lampu kalian." (HR. Bukhari, no. 3280, Muslim, no. 2012). 

7.Tak kuasa dengan Muslim yang mengucap basmalah

Jika ada seorang Musim yang mengucapkan bismillah ketika hendak memasuki rumah, maka setan akan berkata saya tidak mempunyai kekuasaan untuk tidur di rumah ini. 

8.Awalnya menyembah Allah dan bagus rupa

Iblis itu penyembah Allah sebelum diciptakannya nabi Adam. Ibnu Qayyim menjelaskan bahwa iblis itu indah bentuk rupanya ketika melakukan taat (menyembah Allah). Dan iblis mendurhakai Allah, maka Allah membuatnya jelek atau buruk Maka dia menjadi percontohan untuk setiap yang jelek. Seperti pada firman Allah: 

طَلْعُهَا كَأَنَّهُ رُءُوسُ الشَّيَاطِينِ

mayangnya seperti kepala syaitan-syaitan (Alquran surat Saffat ayat 65)

9.Setan itu bukan nama 

Kalimat setan itu bukanlah nama untuknya. Melainkan penyifatan,  karena kalimat itu diambil dari kata kerja Syatnun yang berarti jauh, karena ia berpaling dari taat kepada Allah maka allah menjauhkannya dari rahmatNya

10.Nama setan

Ada sebagian pendapat bahwa setan itu mempunyai nama sebelum bernama iblis. Diantaranya adalah Al Harits dan Azazil. Akan tetapi ini tidak dapat dipastikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement