Jumat 18 Mar 2022 19:45 WIB

Jejak Masjid Bersejarah di Ukraina

Islam secara resmi diperkenalkan ke Ukraina ketika Golden Horde memeluk Islam.

Rep: Mabruroh/ Red: Agung Sasongko
Masjid ar-Rahma, Ukraina.
Foto:

Pertama, Masjid Han Ozbek, Staryi Krym

Dibangun pada 1314, di masa pemerintahan pemimpin Mongol Uzbeg Han. Masjid Ozbek Han mungkin merupakan masjid tertua di Eropa Timur. Pembangunan masjid bertepatan dengan konversi massal orang-orang Mongol di seluruh Eropa Timur dan Timur Tengah ke Islam.

Masjid Han Ozbek terkenal karena madrasahnya yang dibangun di dinding selatan masjid. Sekolah agama ini dibangun 18 tahun setelah struktur aslinya. Setelah runtuh selama pemerintahan Soviet, pekerjaan restorasi dimulai pada 2017 dengan ubin baru di atapnya, mimbar yang dipugar, dan tulisan Arab baru.

Dua, Masjid Juma Jami, Yevpatoriya

Masjid Juma Jami dibangun pada pertengahan abad ke-15 oleh pemimpin Krimea dan sekutu Ottoman Devlet Giray I. Arsitektur masjid ini dipengaruhi oleh kekaisaran Ottoman. 

Untuk membangun Juma Jami, Giray menyewa arsitek Ottoman terkenal Mimar Sinan, yang membangun Masjid Suleymaniye di Istanbul, serta Jembatan Mostar di Bosnia.

Struktur multi-kubah, yang merupakan satu-satunya dari jenisnya di Krimea, selesai pada tahun 1564. Dengan 16 jendela di dasar kubah utama memungkinkan cahaya membanjiri aula, dan cahaya juga menyaring melalui dua tingkat jendela di sepanjang dinding.

Bangunan ini telah berulang kali dipugar, termasuk restorasi besar terakhirnya selama pemerintahan Soviet pada 1970. Penguasa Komunis Ukraina telah mengubah masjid menjadi museum dan hanya kembali ke fungsi keagamaannya setelah runtuhnya Uni Soviet pada 1990. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement