Selasa 22 Mar 2022 19:19 WIB

Wapres Ingin Pesantren Jadi Model Pertanian Modern

Pesantren punya fungsi selain sebagai pusat pendidikan

Wapres KH Maruf Amin
Foto: Dok Republika
Wapres KH Maruf Amin

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden (Wapres)Ma'ruf Amin ingin pondok pesantren menjadi basis model pertanian modern di Indonesia."Dengan teknologi yang tinggi, kualitas produknya yang baik, dan punya pasar terbuka di pasar-pasar modern. Permodelan ini dijadikan sebagai pilot projectyang akan dikembangkan di seluruh pesantren-pesantren di Indonesia," kata Wapres Ma'ruf Amin pada peluncuran proyek percontohanKorporatisasi Pertanian untuk Mendukung Ekosistem Halal Value Chain"Berbasis Kopontren, di Pondok Pesantren Al Ittifaq, Bandung, Jawa Barat, Selasa (22/3/2022).

Wapres mengatakan pesantren punya fungsi selain sebagai pusat pendidikan yang mendidik santri paham agama dan pusat dakwah, juga sebagai pusat pemberdayaan masyarakat sehingga pesantren tempat produksi maupun keuangan. "Ini produksi Pesantren Al-Ittifaq menjadi satu model yang ingin kita kembangkan," katanya.

Baca Juga

Menurut Wapres, model yang dikembangkan di ponpes Al-Ittifaq sudah mengadopsi teknologi yang ada di berbagai negara, seperti Belanda dan Jepang, sehingga produknya berstandar internasional."Al-Ittifaq ini menjadi tempat pelatihan yang akan dijadikan permodelan, tempat traningdari berbagai pesantren digitalisasi pertanian," kata Wapres.

Sedangkan untuk mendukung permodalan ponpes, Wapres menyebut sudah ada empat lembaga yang terlibat yaitu Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LBDB) koperasi, Bank Indonesia (BI), Bank Syariah Indonesia (BSI), dan Baznaz.

 

"Permodalan ini terus kita kembangkan dan supaya LPDB juga diperkuat, begitu juga BSIdan BI jadi fasilitator. Kementerian Koperasi akan mengambil peran lebih jauh dengan berbagai dinas di masing-masing provinsi untuk pengembangan pertanian," ungkap Wapres.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement