Program 10 Juta Produk Bersertifikat Halal Diluncurkan

Senin , 28 Mar 2022, 06:50 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Agung Sasongko
Grafis Survei Kepuasan Layananan Sertifikasi Halal
Grafis Survei Kepuasan Layananan Sertifikasi Halal

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas meluncurkan Program 10 Juta Produk Bersertifikat Halal pada 2022. Peluncurannya ditandai dengan Kick Off Program Sertifikasi Halal Gratis (Sehati) bagi pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) untuk tahun 2022.

 

Terkait

Kegiatan ini dilakukan bersamaan dengan pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag 2022, yang mengusung tema "Akselerasi Transformasi Layanan Penyelenggaraan Jaminan Produk Halal".

Baca Juga

 

Dalam kegiatan itu, Menag Yaqut mengatakan program Sehati yang diusung untuk mencapai 10 juta produk bersertifikat halal, merupakan terobosan penting yang akan membawa banyak implikasi positif.

 

"Saya mengapresiasi Program 10 Juta Produk Bersertifikat Halal yang diinisiasi BPJPH pada tahun 2022. Akselerasi sertifikasi halal untuk 10 juta produk halal ini merupakan terobosan penting dalam mendorong pemulihan ekonomi nasional," ujarnya dalam keterangan yang didapat Republika, Senin (28/3/2022).

 

Ia lantas berharap, sertifikasi halal yang dilakukan secara masif tersebut bisa menjadi pemantik geliat UMK untuk kembali bangkit, setelah lebih dua tahun terdampak pandemi Covid-19. 

 

Kepada BPJPH, Menag mengingatkan target 10 juta produk bersertifikat halal adalah tantangan yang besar. Angka yang diusung ini adalah sebuah loncatan yang sangat jauh, jika dibandingkan dengan angka capaian sertifikasi halal yang ada selama ini.