Senin 28 Mar 2022 19:42 WIB

Pesan UAS Jelang Ramadhan

UAS mengingatkan ada beberapa amalan ibadah selama Ramadhan

Rep: Febrian/ Red: Agung Sasongko
Ustadz Abdul Somad.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ustadz Abdul Somad.

IHRAM.CO.ID, PADANG -- Ulama kondang Ustadz Abdul Somad, mengatakan semangat Ramadhan adalah semangat jihad dan semangat perjuangan, tidak loyo dan lunglai atau menjadi alasan untuk tidak produktif. " Begitu banyak sejarah besar dalam Islam maupun negara ini yang terjadi di dalam bulan Ramadhan," kata UAS di Padang, Senin (28/3).

UAS menghadiri berbagai forum dakwah di Kota Padang sejak kemarin sampai hari ini. Alumnus Al Azhar, Kairo, Mesir itu lebih banyak memberikan tausiyah tentang persiapan umat Islam menyambut bulan suci Ramadhan yang akan masuk pekan ini.

Baca Juga

UAS mengingatkan ada beberapa amalan ibadah yang bisa dilakukan oleh umat muslim. Amalan utama adalah berpuasa, yang tidak hanya sekedar menahan makan dan minum, umat muslim juga harus mampu menahan mata, emosi, lisan dan lainnya dari hal-hal negatif yang bisa merusak amalan puasa.

Selain puasa, shalat malam juga termasuk amalan besar yang bisa mendulang pahala berlipat di bulan suci. Amalan lainnya menurut UAS adalah memanfaatkan waktu syuruq, yakni berdiam diri di masjid sambil berzikir hingga matahari terbit.

"Barang siapa yang sholat pagi hari (subuh) secara berjamaah, kemudian ia duduk berdzikir kepada Allah SWT hingga terbitnya matahari, kemudian ia shalat dua rakaat, maka baginya pahala seperti pahala mengerjakan haji dan umrah. Rasulullah SAW bersabda, 'Sempurna, sempurna, sempurna." ujar UAS.

UAS juga mengajak jamaah mendekatkan diri dan memperbanyak bacaan Al-Quran, seperti yang dilakukan para sahabat, orang-orang sholeh dan ulama terdahulu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement