Selasa 05 Apr 2022 18:00 WIB

Arab Saudi Bersiap Luncurkan Pariwisata Resor Ski Trojena NEOM

Saudi Bersiap Luncurkan Pariwisata Resor Ski Trojena NEOM Arab.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
  Saudi Bersiap Luncurkan Pariwisata Resor Ski Trojena NEOM
Foto: Arab News
Saudi Bersiap Luncurkan Pariwisata Resor Ski Trojena NEOM

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Sebuah resor ski futuristik pertama di dunia akan segera dibuka di NEOM, Arab Saudi. NEOM merupakan kota pintar baru yang terbentuk di barat laut Kerajaan Saudi.

Resor ski ini dibangun secara berkelanjutan, dengan tujuan utama mengubah Kerajaan Saudi menjadi tujuan wisata regional utama.

Baca Juga

Bulan lalu, Putra Mahkota Mohammed bin Salman mengumumkan rencana pembangunan Trojena, resor ski luar ruang pertama di kawasan Teluk. Tidak seperti Pegunungan Alpen Eropa, lokasi ini dapat dicapai oleh hampir 40 persen populasi dunia dalam waktu empat jam.

Situs tersebut akan menampilkan kegiatan olahraga, pameran seni, konser dan festival budaya, yang diharapkan mampu menarik 700.000 pengunjung dan 7.000 penduduk tetap pada 2030. Para perencana mengatakan proyek ini akan selesai pada 2026.

 

Lokasi ini dikelilingi oleh jajaran Pegunungan Sarawat yang masih asli, mencapai 2.400 meter di atas permukaan laut. Visi Trojena adalah mengintegrasikan alam dan teknologi, untuk memenuhi minat dan kebutuhan wisatawan modern.

Trojena disebut-sebut menjadi salah satu penawaran wisata utama NEOM, yang terdiri dari desa ski, resor keluarga dan kesehatan ultra-mewah, danau air tawar terbesar di kawasan itu, cagar alam interaktif, serta berbagai pilihan bersantap dan ritel.

“Lokasi ini akan menawarkan pengalaman perjalanan tanpa batas yang dapat menghilangkan titik sakit tradisional dari perjalanan,” ujar Direktur eksekutif Trojena, Philip Gullett, dikutip di Arab News, Selasa (5/4).

Pihaknya disebut sedang mencari cara mengirimkan barang bawaan melalui drone, menggunakan biometrik untuk memenuhi persyaratan keamanan, serta memungkinkan pihak yang berkepentingan menjelajahi situs terlebih dahulu dengan menggunakan realitas virtual terbaru.

NEOM merupakan proyek senilai 500 miliar dolar AS yang sepenuhnya dimiliki oleh Dana Investasi Publik Arab Saudi, yang terletak di pantai Laut Merah barat laut Kerajaan. Daerah yang beragam dan topografi yang dramatis menjadikannya tempat yang ideal untuk wisata petualangan alam terbuka.

Pengunjung akan segera menikmati berbagai kegiatan, mulai dari scuba diving dan ski hingga hiking dan climbing, dalam hari yang sama. Hal ini bisa dicapai berkat jaringan angkutan massal berkecepatan tinggi yang disediakan oleh The Line.

Trojena terdiri dari enam distrik berbeda, semuanya berpusat pada pengalaman yang telah disesuaikan. Lokasi tersebut akan menjadi tuan rumah musim kesehatan dari September hingga November dengan rencana untuk retret yoga, residensi seni, residensi hiburan dan fokus pada kesehatan secara keseluruhan.

Terletak hanya 50 kilometer di sebelah timur garis pantai Laut Merah, Trojena rata-rata memiliki suhu 10 derajat Celcius lebih dingin daripada wilayah lainnya. Dengan demikian, ia menyediakan iklim sedang untuk olahraga luar ruangan sepanjang tahun.

Dari Desember hingga Maret, tempat ini akan menjadi tuan rumah berbagai acara musim dingin, termasuk olahraga, festival film, konser, bahkan pekan mode.

Kemudian antara Maret hingga Mei, Trojena akan menawarkan musim petualangan, menyelenggarakan triathlon, paralayang, bersepeda gunung, dan lainnya, diikuti dengan musim danau yang berfokus pada olahraga air.

Para perencana mengatakan mereka telah mengadopsi pendekatan berkelanjutan untuk konstruksi situs, sesuai dengan prinsip-prinsip lingkungan yang ketat dari NEOM dan bertujuan melindungi warisan budaya wilayah tersebut.

“NEOM sangat sadar akan kebutuhan untuk melindungi kawasan dan itulah mengapa keberlanjutan sangat penting untuk proyek ini sejak awal,” kata Gullet.

Rencana induk disebut dikembangkan dengan pertimbangan khusus dari medan alam, serta kepentingan dan sensitifitas lingkungan yang terkandung di dalamnya.

NEOM juga disampaikan secara aktif mempromosikan penggunaan fasilitas daur ulang, praktik tanpa limbah dan sumber produk lokal untuk mengurangi jejak karbon proyek.

Selain kelestarian lingkungan, agenda reformasi Visi 2030 Arab Saudi telah menjadikan kesehatan masyarakat dan kesejahteraan umum sebagai prioritas utama. Mereka menetapkan rencana untuk lebih banyak ruang terbuka dan hijau, fasilitas olahraga, dan restoran yang menawarkan makanan bergizi.

Faktanya, salah satu indikator kinerja utama NEOM adalah memastikan 70 persen penduduknya dapat berlatih olahraga selama lebih dari 150 menit per minggu.  

Sumber:

https://www.arabnews.com/node/2056841/saudi-arabia

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement