Rabu 06 Apr 2022 15:50 WIB

Kemendag: 2024 RI Deklarasi Diri Sebagai Pusat Fesyen Muslim Dunia

Kemendag jajaki kerja sama dengan berbagai institusi internasional.

Rep: Dedy Dermawan/ Red: Agung Sasongko
Fesyen Muslim (ilustrasi).
Foto: Antara/Fakhri Hermansyah
Fesyen Muslim (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyatakan, Indonesia akan mendeklarasikan diri sebagai pusat fesyen muslim dunia pada 2024 mendatang. Mulai tahun ini, Indonesia juga akan menggelar Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) perdana sebagai upaya promosi ke pasar global sekaligus meningkatkan daya saing antar pelaku industri fesyen muslim di Tanah Air.

"Tahun 2024 adalah periode terakhir pemerintahan, kita targetkan deklarasi Indonesia sebagai pusat fesyen muslim dunia atau trendsetter melalui JMFW yang akan menjadi agenda internasional, Insya Allah," kata Direktur Pengembangan Ekspor Nasional, Kemendag, Didi Sumedi di Jakarta, Rabu (6/4/2022).

Baca Juga

JMFW 2022 sedianya akan digelar pada 20-22 Oktober mendatang dan akan beriringan dengan agenda Trade Expo Indonesia (TEI) yang telah rutin digelar setiap tahunnya.

Lewat agenda yang JMFW yang khusus pada bidang fesyen, pemerintah meyakini dalam menjadi jembatan untuk meningkatkan ekspor industri tekstil dengan daya tarik fesyen muslim.

Kemendag, lanjut Didi, juga mulai menjajaki kerja sama dengan berbagai institiusi internasional negara sahabat untuk membantu mengangkat keunggulan produk dari Indonesia.

"Kita sudah ada kerja sama dengan Jepang dan Jerman, walaupun sifatnya masih kerja sama multiproduk, tapi kita coba angkat produk-produk halal ini," katanya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement