Kamis 14 Apr 2022 13:16 WIB

Reformasi Madrasah Dorong Akselerasi Digitalisasi

Digitalisasi yang dilakukan harus menjaga pentingnya kedaulatan data.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Gedung Kemenag
Foto:

Madrasah Reform dan Moderasi Beragama

Menag menambahkan, program madrasah reform harus memberi porsi pada penguatan moderasi beragama. Terlebih, moderasi beragama merupakan salah satu program prioritas Kemenag. Untuk itu, agenda moderasi beragama harus ada dalam setiap kegiatan madrasah reform.

Menag juga berpesan, project management unit (PMU), konsultan, asisten, koordinator komponen dari Kemenag dan seluruh staf harus bekerja profesional, bebas kepentingan. Kepentingannya hanya satu yaitu menyukseskan program madrasah reform.

"Jadi, hindari vested interest. Selain itu diperlukan kerja sama antar konsultan dari seluruh komponen," kata Menag.

Direktur Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Bappenas, Amich Alhumami menyambut baik kegiatan Kick Off Implementasi REP-MEQR Project 2022.

Amich menyampaikan pihaknya siap mendukung segenap upaya untuk memajukan kualitas pendidikan madrasah di Indonesia melalui serangkaian langkah-langkah transformasi yang dirancang Kemenag. Proyek ini diharapkan dapat mendorong pemerataan dan peningkatan mutu madrasah.

"Pendidikan madrasah akan mencapai puncak dan gemilang di masa-masa yang akan datang, dengan berfokus mengembalikan atau mengatasi kehilangan pembelajaran yang dirasakan seluruh peserta didik kita akibat pandemi," kata Amich.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement