Ahad 01 May 2022 15:41 WIB

Bahasa Isyarat untuk Tuna Rungu di Dua Masjid Suci

Bahasa Isyarat untuk Tuna Rungu di Dua Masjid Suci

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
 Bahasa Isyarat untuk Tuna Rungu di Dua Masjid Suci. Foto:   Ilustrasi jamaah selfie di Masjidil Haram
Foto: Republika/Reiny Dwinanda
Bahasa Isyarat untuk Tuna Rungu di Dua Masjid Suci. Foto: Ilustrasi jamaah selfie di Masjidil Haram

IHRAM.CO.ID,RIYADH — Sejalan dengan Visi Kerajaan 2030, Direktorat Jenderal Pelayanan Penyandang Disabilitas di Kepresidenan Umum Urusan Masjid Nabawi terus berupaya dan melayani penyandang disabilitas di masjid selama Ramadhan.

Direktorat mengalokasikan ruangan khusus untuk melayani penyandang disabilitas di masjid yang mampu menampung sekitar 100 orang. Staf terlatih dalam bahasa isyarat menafsirkan khotbah Jumat dan kuliah untuk orang-orang dengan gangguan pendengaran.

Baca Juga

Dalam sebuah wawancara dengan Arab News, Dr. Khalid bin Sulaiman Al-Thukair, penerjemah bahasa isyarat di Masjid Nabawi, menyatakan bahwa Kepresidenan Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci adalah salah satu yang pertama menerjemahkan khutbah Jumat ke sebuah kelompok. Tunarungu hidup di dunia Islam melalui ruangan khusus di atap Masjid Nabawi. 

Kemudian, siaran langsung sesi dilakukan di Saluran 2 dan saluran Sunnah Nabi.

 

“Hampir 20 juta orang Arab Muslim tuli di seluruh dunia mendapat manfaat dari khotbah Jumat,” kata Al-Thukair, dilansir dari Arab News, Jumat (22/4).

Sebelumnya kata dia, orang-orang dengan gangguan pendengaran biasanya hanya mendapat manfaat dari salat Jumat dan tidak mendapat manfaat dari khotbah di Dua Masjid Suci. Menurutnyac pencapaian terbesar penerjemah adalah melihat efek terjemahannya pada orang-orang tuna rungu.

“Penerjemah berhasil menyampaikan 70 hingga 90 persen konten kepada para tunarungu, yang sebagian besar antusias untuk menghadiri shalat Jumat,” kata Al-Thukair

“Penerjemah menganalisis informasi dan menyederhanakannya untuk tunarungu dalam sepersekian detik. Bahasa Arab memiliki sekitar 12 juta kata, sedangkan bahasa isyarat tidak melebihi 20.000 kata,” tambahnya.

150 orang tuli dari seluruh dunia biasanya bertemu di 10 hari terakhir Ramadhan di tempat yang didedikasikan dan dilengkapi untuk mereka di atap Masjid Nabawi dari sisi selatan melalui gerbang No. 5 untuk menikmati terjemahan dan pengetahuan.

Seorang ahli bahasa yang berspesialisasi dalam bahasa isyarat, Maram Al-Juaid, mengatakan “bahasa isyarat bukan hanya gerakan acak dengan tangan, tetapi sistem linguistik yang terdiri dari simbol yang mewakili kata, konsep, atau ide bahasa.

“Itu dilakukan dengan (menggerakkan) satu tangan atau kedua tangan untuk memberi arti pada sesuatu dan orang. Ciri kebahasaannya yang unik ditandai dengan ekspresi wajah, organ tubuh dan tanda-tanda bahasa seperti bentuk tangan, gerakan, tempat dan arah telapak tangan. Ini adalah bahasa yang terkait dengan lingkungan dan adat istiadat dan tradisi di sekitarnya. Seperti bahasa lisan, bahasa isyarat bervariasi dari satu daerah ke daerah lain dan mencerminkan sejarah, budaya, dan norma sosial komunitas tunarungu

Al-Juaid mencatat bahwa bahasa isyarat Saudi adalah bahasa yang berdiri sendiri dan bukan terjemahan dari bahasa Arab lisan. Ini memiliki sistem khusus yang membedakannya dari bahasa lisan. 

Seperti bahasa manusia lainnya, bahasa isyarat telah berkembang dan berkembang melalui komunitas tunarungu Saudi. Bahasa isyarat adalah bahasa yang kaya akan kosa kata dan membentuk komponen utama budaya tunarungu di Kerajaan, di mana orang-orang tunarungu ingin mewariskannya dari generasi ke generasi untuk menjadi bahasa utama dalam semua aspek pendidikan, budaya dan sosial kehidupan.

Dia menambahkan bahwa Arab Saudi telah memastikan hak-hak penyandang disabilitas dan memberi mereka semua jenis perawatan dan dukungan di Kerajaan, termasuk orang tuli dan tuna rungu

“Mereka (telah) mengalokasikan ruang shalat khusus dengan penerjemah bahasa isyarat untuk menafsirkan pidato, pelajaran dan fatwa. Ini juga memberi mereka tempat khusus di mana mereka dapat belajar menghafal dan membaca Al-Qur'an dalam bahasa isyarat Saudi,” kata Al-Juaid.

Layanan lainnya termasuk simbol bimbingan di dalam Masjidil Haram untuk membimbing mereka ke berbagai lokasi dan fasilitas di dalam masjid melalui simbol yang digambar dan disingkat. Robot Fatwa adalah lompatan teknis hebat lainnya dalam menyediakan layanan yang luar biasa bagi para peziarah. 

“Ini adalah yang paling populer di kalangan peziarah karena memberi mereka jawaban yang sah atas pertanyaan mereka tentang ritual yang mereka lakukan dan masalah agama lainnya,” jelas Al-Juaid

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement