Selasa 26 Apr 2022 11:05 WIB

Masjid Al Khusaeni Kini Mendunia

Masjid berusia satu abad lebih itu banyak dikunjungi wisatawan asing

Masjid Al Khusaeni Carita
Foto: bpcbbanten
Masjid Al Khusaeni Carita

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Masjid Al Khusaeni yang berlokasi di Pantai Carita, Desa Sukajadi Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten dibangun tahun 1889 atau enam tahun setelah meletus Gunung Krakatau 1883 kini mendunia.

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid ( DKM) Masjid Al Khusaeni Pantai Carita H Tata Suharta di Pandeglang, mengatakan masjid berusia satu abad lebih itu banyak dikunjungi wisatawan asing yang menikmati panorama alam barat di Provinsi Banten dari berbagai negara di dunia melaksanakan shalat di masjid itu.Wisatawan asing itu antaralaindari Negara Arab, Asean, Eropa dan Afrika.

Baca Juga

Mereka melaksanakan shalat di Masjid Al Khusaeni Pantai Carita memiliki kekhusyukan juga suasananya cukup dingin dengan masjid kuno itu, katanya.Pembangunan Masjid Al Khusaeni itu dilakukan setelah diterjang dahsyat letusan Gunung Krakatau.

Dimana saat itu, Al Khusaeni sedang berguru kepada Syekh Nawawi Al-Bantani di Mekah, Arab.Dengan menerima informasi itu, Al Khusaeni kembali ke Tanah Air untuk kembali membangun masjid akibat dampak letusan Gunung Krakatau.

Kondisi Masjid Al Khusaeni pantai Carita bertingkat atau tumpang yang berjumlah empat tingkatan. Arsitektur pengaruh lokal terlihat pada komponen pelipit seperti pada candi dan mustoko atau kubah.

Sedangkan, pengaruh asing terlihat pada tiang-tiang semu atau pilaster seperti pada bangunan kolonial.Bentuk pembangunannya masih tipe bangunan kuno asli Indonesia.Selama ini, kata Tata Suharta kondisi Masjid Al Khusaeni masih utuh pada bagian ruangan tengah dengan empat tiang penyangga juga mimbar dan genteng.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Apakah internet dan teknologi digital membantu Kamu dalam menjalankan bisnis UMKM?

  • Ya, Sangat Membantu.
  • Ya, Cukup Membantu
  • Tidak
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement