Tarif Penerbangan Domestik Arab Saudi Masih Tinggi

Sabtu , 14 May 2022, 05:20 WIB Reporter :Mabruroh/ Redaktur : Ani Nursalikah
Saudi Airlines (Saudia). Tarif Penerbangan Domestik Arab Saudi Masih Tinggi
Saudi Airlines (Saudia). Tarif Penerbangan Domestik Arab Saudi Masih Tinggi

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Tarif penerbangan domestik di Arab Saudi masih meningkat meskipun ada intervensi Otoritas Umum Penerbangan Sipil (GACA). GACA mengeluarkan intervensi sejak dua minggu lalu untuk meninjau kenaikan harga tiket penerbangan domestik yang terlalu tinggi.

 

Terkait

“Sejak GACA mengeluarkan intervensi belum ada perubahan atau penurunan harga tiket pesawat,” menurut sumber pasar, dilansir dari Saudi Gazette, Jumat (13/5/2022).

Baca Juga

Juga dicatat harga tiket penerbangan domestik meningkat bahkan untuk tanggal di atas dua minggu. Surat kabar Al-Watan melaporkan tiket penerbangan internasional tersedia dengan harga yang jauh lebih murah. 

Senin lalu, tarif kelas ekonomi dari kota Turaif di Provinsi Perbatasan Utara ke Riyadh di situs Saudi Arabian Airlines adalah 897 riyal (Rp 3,5 juta) sementara pada saat yang sama biaya penerbangan untuk perjalanan dari Turaif ke Kairo melalui Riyadh untuk kelas yang sama adalah 804 riyal (Rp 3,1 juta).

Ada laporan sebelumnya jamaah umroh Turaif dan Al-Qurayyat melakukan perjalanan ke Yordania untuk berangkat ke Arab Saudi melalui negara tetangga untuk melakukan perjalanan dengan harga tiket pesawat yang lebih murah. 

Sementara itu, seorang sumber di Saudia Airlines mengatakan GACA tidak memaksa perusahaan penerbangan mana pun untuk melakukan pengurangan persentase tertentu dalam harga tiket, dan hingga saat ini ia telah merujuk masalah mempelajari dan meninjau harga tiket ke maskapai domestik. 

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada 26 April, GACA mengatakan mereka telah mengambil sejumlah langkah langsung untuk menangani perubahan yang telah diperhatikan dalam pola harga tiket perjalanan udara domestik.

Pihak berwenang melihat perubahan pola harga untuk beberapa kategori tiket pesawat, dan mengikuti dengan seksama berita yang beredar tentang perubahan harga tiket pesawat domestik. 

Dalam kapasitasnya sebagai regulator sektor penerbangan sipil di Kerajaan, GACA mengatakan telah mengambil paket tindakan langsung, yang akan menghasilkan tinjauan struktur harga transportasi udara serta peningkatan kapasitas kursi dan jumlah penerbangan. 

Dengan penerapan langkah-langkah ini, GACA mencatat bahwa itu bertujuan memastikan harga yang sesuai dan masuk akal bagi para pelancong dan meningkatkan daya saing di sektor transportasi udara.

https://saudigazette.com.sa/article/620365/SAUDI-ARABIA/Domestic-airfares-are-still-on-the-rise-despite-GACAs-intervention

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini