Dinkes: Calon Haji Kota Jambi Mulai Disuntik Vaksin Meningitis

Jumat , 13 May 2022, 20:18 WIB Reporter :ANTARA/ Redaktur : Fuji Pratiwi
Petugas kesehatan mempersiapkan vaksin meningitis untuk para calon jemaah haji (ilustrasi). Dinas Kesehatan Kota Jambi, Jambi, menyatakan jamaah calon haji di kota itu sudah mulai mendapatkan vaksinasi meningitis.
Petugas kesehatan mempersiapkan vaksin meningitis untuk para calon jemaah haji (ilustrasi). Dinas Kesehatan Kota Jambi, Jambi, menyatakan jamaah calon haji di kota itu sudah mulai mendapatkan vaksinasi meningitis.

IHRAM.CO.ID, JAMBI -- Dinas Kesehatan Kota Jambi, Jambi, menyatakan jamaah calon haji di kota itu sudah mulai mendapatkan vaksinasi meningitis. Ini sebagai persiapan untuk keberangkatan melaksanakan ibadah haji pada 2022.

 

Terkait

"Untuk jamaah haji di Kota Jambi, jadwal vaksinasi meningitis jamaah calon haji dilaksanakan selama dua hari, yakni pada Kamis (12/5/2022) dan Jumat (13/5/2022) ini," kata Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Jambi Elvi Roza di Jambi, Jum'at (13/5/2022).

Baca Juga

Elvi menjelaskan vaksinasi meningitis bagi jamaah calon haji penting dilakukan agar kekebalan tubuh terhadap penyakit meningitis dapat terbentuk. Dengan harapan jamaah calon haji dapat terhindar dari penyakit tersebut dan dapat melaksanakan ibadah dengan kondisi tubuh yang sehat dan dalam kondisi yang baik.

Sebelum dilaksanakan suntikan vaksin meningitis, kata dia, terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan kesehatan, seperti pemeriksaan tensi dan sebagainya. Jika calon haji dalam kondisi baik, maka dapat dilakukan suntik vaksin.

Menurut dia, jika calon haji dalam kondisi yang kurang sehat, maka dianjurkan untuk melakukan istirahat terlebih dahulu, baru setelah itu diperiksa kembali. "Jika ada jamaah yang belum bisa hadir, maka dapat melakukan vaksinasi di jadwal berikutnya, begitu pula dengan calon haji yang dalam kondisi kurang sehat," kata Elvi Roza.

Selanjutnya calon haji di Kabupaten Batanghari akan melaksanakan vaksin meningitis pada hari Kamis (19/5/2022). Selain melakukan vaksinasi, calon haji juga akan mendapatkan pemeriksaan kesehatan oleh dokter spesialis.

"Pemeriksaan kesehatan dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan calon haji dan untuk mengetahui apakah calon haji mengidap penyakit tertentu, sehingga butuh penanganan khusus nantinya," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari Dokter Elvie Yennie.

Selain menjadwalkan pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi, Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari juga akan melaksanakan tes kebugaran terhadap calon haji. Tujuannya agar calon haji benar-benar dalam kondisi sehat dan prima saat menjalankan ibadah haji.

Pada tahun ini terdapat 1.321 orang jamaah calon haji asal Provinsi Jambi yang akan menunaikan ibadah haji. Mereka berasal dari Kota Jambi 321 orang, Kabupaten Batanghari 97 orang, Kabupaten Tanjung Jabung Barat 135 orang dan Kabupaten Bungo 96 orang.

Kemudian di Kabupaten Merangin 199 orang, Kerinci 95 orang, Kabupaten Muaro Jambi 76 orang dan Kabupaten Tebo 102 orang. Selanjutnya Kabupaten Sarolangun 116 orang, Kabupaten Tanjung Jabung Timur 24 orang dan Kota Sungai Penuh 60 orang.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini