Pelunasan BPIH Calon Jamaah Haji Kalimantan Tengah Terus Berlangsung

Senin , 16 May 2022, 21:48 WIB Reporter :Fuji E Permana/ Redaktur : Nashih Nashrullah
Pelunasan Biaya haji. (ilustrasi). Sebanyak 736 calon jamaah haji Kalimantan Tengah akan diberangkatkan tahun ini
Pelunasan Biaya haji. (ilustrasi). Sebanyak 736 calon jamaah haji Kalimantan Tengah akan diberangkatkan tahun ini

IHRAM.CO.ID, PALANGKA RAYA— Pemberangkatan calon jamaah haji asal Provinsi Kalimantan Tengah ke Makkah, Arab Saudi pada 2022 dalam tahap proses pelunasan.

 

Terkait

"Saat ini terus berproses, terutama dalam tahapan pelunasan," kata Plt Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Tengah, Hasan Basri di Palangka Raya, Senin (16/5/2022).

Baca Juga

Sebelum dapat diberangkatkan ke Makkah, para calon jamaah wajib melakukan pelunasan terhadap biaya berhaji. 

Dia mengatakan, di wilayah Kalteng tercatat 736 calon jamaah akan diberangkatkan pada musim haji 2022. Seluruhnya merupakan calon jamaah yang berasal dari 13 kabupaten dan satu kota serta para petugas pada pelaksanaan ibadah haji 2022.

Dia menjelaskan, berdasar data Kanwil Kemenag Kalteng, sampai Kamis (12/5/2022) dari seluruh calon jamaah yang ada, 485 jamaah telah melunasi kewajiban sementara 251 lainnya masih berproses.

Dia mengingatkan jamaah haji reguler yang telah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) 2020 harus melakukan konfirmasi kepada Bank Penerima Setoran (BPS) biaya penyelenggaraan ibadah haji. Waktu pelunasan BPIH sampai 20 Mei 2022.

Direktorat Layanan Haji Dalam Negeri Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama (Kemenag) mengingatkan calon jamaah haji agar segera mendapatkan vaksin lengkap. Yakni vaksin Covid-19 dosis lengkap dan vaksin meningitis bagi yang belum divaksin meningitis.  

Direktur Layanan Haji Dalam Negeri Kemenag, Saiful Mujab, berpesan kepada seluruh calon jamaah haji yang merasa baru melaksanakan vaksin sekali, maka harus vaksin dua kali atau dosis lengkap. Bagi yang belum divaksin meningitis, segera divaksin.   

Dia mengingatkan, calon jamaah haji perlu menjaga pola hidup sehat Hal ini karena 72 jam sebelum berangkat ke Arab Saudi harus tes PCR. "Jadi saya pikir sebaiknya silaturahim dengan tetangga dan pamitan jauh-jauh hari, usahakan 4 hari sebelum masuk asrama sudah membatasi komunikasi dengan orang-orang karena khawatir sebelum berangkat tiba-tiba positif (Covid-19)," kata Mujab saat dihubungi Republika.co.id, Senin (16/5/2022). 

Dia mengajak calon jamaah haji semangat menjaga pola hidup sehat. Calon jamaah haji kalau terbiasa minum sebuah obat, diimbau untuk komunikasi dengan dokter kloter.

Calon jamaah haji juga diingatkan agar pakaian bawa secukupnya, dan tidak usah membawa makanan yang aneh-aneh. Karena tahun ini jamaah haji mendapatkan makan tiga kali sehari baik di Makkah maupun di Madinah.

"Jadi tidak usah membawa makanan, jadi koper diisi pakaian ganti secukupnya saja, kadang-kadang ada calon jamaah haji bawa makanan dan sambal, tidak usah (bawa makanan) karena makan sudah tiga kali sehari saya pikir sudah cukup," jelas Mujab.    

Sementara itu, persyaratan konfirmasi pelunasan dan pembayaran pelunasan haji reguler tahun 2022 yakni pertama telah melunasi biaya perjalanan ibadah haji 1441 H/2020M.

Kedua, berusia paling tinggi 65 tahun pada 30 Juni 2022 sesuai dengan urutan nomor porsi. Kemudian belum pernah menunaikan ibadah haji atau sudah pernah menunaikan haji paling singkat 10 tahun sejak menunaikan haji terakhir.

Selanjutnya berusia paling rendah 18 tahun pada 4 Juni 2022 atau sudah menikah dan jamaah haji juga harus telah divaksin Covid-19. 

Para calon jamaah haji yang akan berangkat tahun ini juga diminta meningkatkan pemahaman tata cara berhaji secara mandiri. Selain itu juga selalu menjaga kesehatan diri serta mematuhi arahan dan petunjuk petugas.    

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini