Aceh Timur Siap Berangkatkan 100 Calhaj

Selasa , 17 May 2022, 21:00 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Jamaah Calon Haji (JCH) Aceh (ilustrasi)
Jamaah Calon Haji (JCH) Aceh (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Aceh Timur menyatakan telah mempersiapkan keberangkatan 100 calon haji ke Tanah Suci.

 

Terkait

"Calon haji tersebut sudah siap diberangkatkan. Semua dokumen keberangkatan seperti paspor juga sudah siap," kata Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kabupaten Aceh Timur Muzakir di Aceh Timur, Selasa (17/5/2022).

Baca Juga

Muzakir mengatakan kuota calon haji untuk Kabupaten Aceh Timur sebanyak 104 orang. Namun, yang berangkat 100 orang, karena tiga orang menunda keberangkatan dan seorang meninggal dunia. Calon haji yang menunda keberangkatan, kata Muzakir, dengan alasan sakit.

Ada juga yang menunda keberangkatan karena suaminya gagal berangkat dengan alasan kesehatan.Selain itu, juga ada yang menunda keberangkatan karena tidak ada pendamping. Sebab, musim haji tahun ini ditiadakan pendamping.

"Sedangkan calon haji yang meninggal dunia berasal dari Gampong Kuala Peudawa Puntong, Kecamatan Idi Rayeuk," kata Muzakir.

Muzakir mengatakan Kabupaten Aceh Timur juga mendapatkan 32 kuota calon haji cadangan. Namun, mereka belum melunasi biaya penyelenggaraan ibadah haji.Meskipun berada di posisi cadangan, 32 calon haji tersebut diwajibkan melunasi biaya penyelenggaraan ibadah haji sesuai ketentuan yang ditetapkan pemerintah.

"Berbagai persiapan keberangkatan sudah kami lakukan, termasuk paspor sudah selesai dan segera kami kirimkan ke kantor wilayah untuk pengurusan visa dan administrasi lainnya," kata Muzakir.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini