Wali Kota Padang Jadi Petugas Haji, Bulan Ini akan Ada Sekda Definitif

Rabu , 18 May 2022, 10:28 WIB Reporter :Febrian Fachri/ Redaktur : Muhammad Hafil
Wali Kota Padang Jadi Petugas Haji, Bulan Ini akan Ada Sekda Definitif. Foto:   Wali Kota Padang Hendri Septa.
Wali Kota Padang Jadi Petugas Haji, Bulan Ini akan Ada Sekda Definitif. Foto: Wali Kota Padang Hendri Septa.

IHRAM.CO.ID,PADANG--Pejabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang, Fitriati, mengatakan Pemko Padang dalam bulan ini akan ada Sekda definitif. Fitriati menyebut saat ini penyeleksian Sekda definitif Kota Padang masih berlangsung.

 

Terkait

"Dalam bulan ini akan ada Sekda yang baru secara definitif. Kalau Pak Wali jadi Petugas haji kan masih lama," kata Fitriati, kepada Republika, Rabu (18/5/2022).

Baca Juga

Sementara untuk pemilihan wakil wali kota, Fitriati mengaku tidak mengetahui hal itu lantaran penunjukkan wakil wali kota merupakan proses di DPRD Padang. Sedangkan dirinya adalah pejabat yang ditunjuk dari Pemprov untuk jadi Sekda sementara di Kota Padang.

Wali Kota Padang Hendri Septa, masuk ke dalam 10 orang Petugas Haji Daerah (PHD) yang akan mendampingi jamaah haji dari Sumbar selama musim haji 2022 ini.

Masuknya nama orang nomor satu Padang itu ke dalam daftar PHD dari Sumbar mengundang reaksi dari DPRD Sumbar.

Anggota DPRD Sumbar dari Fraksi Gerindra, Muzni Zen, mengatakan Hendri Septa baiknya memberikan jatah PHD kepada orang lain. Menurut dia, Hendri sebaiknya fokus menekuni pekerjaan sebagai wali kota. Apalagi saat ini, Pemko Padang belum punya wakil wali kota dan Sekda definitif yang dapat menggantikan pekerjaan Wako selama Hendri pergi berhaji.

Hendri sendiri menurut Muzni sudah pernah naik haji. Sehingga ia tidak harus pergi lagi naik haji sebagai PHD dengan biaya negara.

"Pekerjaan sebagai wali kota sangat banyak. Jadi berikanlah jatah untuk jadi petugas haji itu kepada yang lain," kata Muzni, kepada Republika, Rabu (18/5/2022).

Pengamat politik dan pemerintahan dari Universitas Andalas, Asrinaldi, menilai tidak ada urgensi Hendri Septa menjadi salah satu petugas haji untuk Sumbar. Karena tanpa Hendri Septa, menurut Asrinaldi, pelaksanaan haji untuk jamaah dari Sumbar akan tetap berjalan lancar.

Menurut Asrinaldi, kurang tepat bila Hendri ikut jadi PHD sementara Pemko Padang belum punya wakil wali kota dan belum ada Sekda definitif.

"Sekarang apa urgennya Wali Kota Padang ini menjadi petugas haji. Toh tanpa dia pelaksanaan haji akan tetap berjalan. Harusnya Wali Kota prioritaskan mengurus Kota Padang. Atau setidaknya hadirkanlah Wakil Wali Kota atau Sekda terlebih dahulu," kata Asrinaldi kemarin, Selasa (17/5/2022).

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini