Saudi Rayakan Hari Perempuan Internasional di Sektor Maritim

Kamis , 19 May 2022, 16:08 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Agung Sasongko
Pengusaha perempuan Arab Saudi (ilustrasi).
Pengusaha perempuan Arab Saudi (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Kerajaan Arab Saudi berpartisipasi dalam merayakan Hari Perempuan Internasional di Sektor Maritim. Perayaan ini jatuh pada tanggal 18 Mei setiap tahunnya.

 

Terkait

Agenda tahunan ini disetujui oleh Organisasi Maritim Internasional (IMO) pada 2021 sebagai acara tahunan, dengan tujuan untuk memperkenalkan prestasi perempuan dalam  sektor maritim.

Baca Juga

Hari itu ditetapkan untuk menandai pentingnya partisipasi mereka dalam ekonomi nasional, sekaligus pembangunan sosial-ekonomi dan kontribusi utama terhadap Visi Kerajaan 2030. Di sisi lain, agenda ini diharapkan memperkuat peran mereka di sektor maritim.

Dilansir di Saudi Gazette, Kamis (19/5/2022), Otoritas Umum Perhubungan, berdasarkan peran legislatifnya di sektor maritim, melakukan sejumlah kegiatan dan acara yang berfokus pada pentingnya peran perempuan di sektor maritim.

Hal tersebut dilakukan melalui pelaksanaan workshop diskusi bertajuk: “Menyediakan lingkungan kerja yang bebas hambatan”. Lokakarya terselenggara atas kerja sama dengan International Maritime Organization (IMO) dan Kementerian Energi dan Infrastruktur UEA.

Pihak lain yang terlibat dalam penyelenggaraan lokakarya ini adalah Asosiasi Perempuan Arab di Sektor Maritim (AWIMA), Jaringan IMOGender, serta sejumlah organisasi yang mendukung pemberdayaan perempuan. Dua puluh tiga pembicara dari para pemimpin sektor maritim disebut ikut berpartisipasi.

Perwakilan tetap Arab Saudi untuk IMO juga berpartisipasi dalam simposium virtual yang diadakan oleh organisasi. Kegiatan itu berjudul: "Pelatihan — Visi — Pengakuan — Mendukung lingkungan kerja bebas hambatan bagi perempuan di bidang maritim".

Tema dan agenda yang diusung ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, sekaligus memperkenalkan sektor dan akses ke solusi terbaik dan model perintis di lingkungan kerja untuk wanita.

Duta Besar Saudi untuk Inggris Pangeran Khalid Bin Bandar Bin Sultan bertemu dengan Eng. Reem Al-Khuwaiter, sebagai salah satu wanita terkemuka di sektor maritim Arab Saudi. Dia juga bertemu dengan Sekretaris Jenderal IMO Kitack Lim, delegasi yang mencakup wanita berpengaruh di sektor maritim, dan AWIMA.

Otoritas Umum Transportasi menerapkan inisiatif sosial untuk anak-anak di sekolah dasar perempuan, dengan tujuan meningkatkan kesadaran tentang sektor ini dan memperkenalkan profesi pelaut, melalui berbagi klip dan penggunaan metode pendidikan baru.

Hal ini hadir sebagai perluasan dari pentingnya peran vital perempuan di segala bidang, khususnya di sektor transportasi dan logistik, serta upaya tak henti-hentinya Otorita dalam memberikan banyak peluang bagi kompetensi perempuan, khususnya di sektor transportasi laut.  

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini