Petugas Haji Mesti Bimbing Jamaah Mendoakan Orang di Sekeliling Ka'bah

Sabtu , 21 May 2022, 14:57 WIB Reporter :Ali Yusuf/ Redaktur : Muhammad Hafil
 Petugas Haji Mesti Bimbing Jamaah Mendoakan Orang di Sekeliling Ka'bah. Foto:  Petugas haji Indonesia - Ilustrasi.
Petugas Haji Mesti Bimbing Jamaah Mendoakan Orang di Sekeliling Ka'bah. Foto: Petugas haji Indonesia - Ilustrasi.

IHRAM.CO.ID,JAKARTA--Kabah di Makkah menjadi pusat perhatian seluruh jamaah. Untuk itu ketika memandangnya disunnahkan memujinya agar terhapus segala dosa.

 

Terkait

"Dalam satu keterangan orang melihat Kabah dengan penuh rasa kagum dengan penuh kecintaan berleburan dosa-dosa nya," kata Ustadz Imam Khoiri saat menyampaikan tausiyah subuh kepada peserta bimbingan teknis (Bimtek) PPIH Arab Saudi, di Masjid Al-Mabrur Asrama Haji Pondok Gede, Sabtu (21/5/2022).

Baca Juga

Untuk itu Ustadz Imam menyarankan ketik melihat Kabah harus memanjatkan doa untuk Ka'bah. Doa melihat Ka'bah itu adalah Allahumma zid hadzal baita tasyrifan wa ta‘dziman wa takriman wa mahabatan wa zid man syarafahu wa karamahu mim man hajjahu awi’tamarahu tasyrofan wata’dzhiman watakiman wabirran. 

"Begitu melihat Ka'bah orang berdoa Allahuma Zid .......

"Ya Allah, tambahkan lah kemuliaan, kehormatan, keagungan dan kehebatan pada Baitullah ini dan tambahkanlah pula pada orang-orang yang memuliakan, menghormati dan mengagungkannya diantara mereka yang berhaji atau yang berumroh padanya dengan kemuliaan, kehormatan, kebesaran dan kebaikan," katanya. 

Ustadz Imam menyarankan agar petugas juga mendoakan orang-orang yang ada di sekitar Kabah. Petugas ibadah harus mengingatkan jamaahnya agar idak hanya didoakan Baitullah, tetapi juga orang-orang yang berhaji dan berumroh. 

"Insya Allah termasuk kita semua di doakan oleh seluruh yang ada di situ untuk mendapatkan kemulian untuk mendapat terbaik," katanya.

Orang yang mendoakan orang lain maka akan mendapatkan kemuliaan Allah Subhanahu Wa ta'ala. Untuk itu kebaikan saling mendoakan ini harus terus diingatkan.

"Itu adalah titik di mana kemudian orang menuju kedalam proses. Kemulian lagi ketika orang beribadah maka Allah lipat kan pahalanya 100 ribu," 

Bahkan kata Ustadz Imam, dalam keterangan lain, pahala 100 ribu itu tidak hanya di Masjidil Haram, akan tetapi di seluruh tanah haram. Karena makna Masjidil Haram itu mencakup semua tanah hara.

"Maka temen-temen PPIH yang bertugas di situ meskipun tugasnya di hotel meskipun tugasnya mungkin di pinggir jalan Imsyallah mendapatkan kemudahan yang sama," katanya.

 

 

 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini