Sabtu 28 May 2022 05:01 WIB

Adakah Waktu yang Dilarang untuk Membaca Alquran?

Membaca Al qur'an mendapat pahala yang besar.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Agung Sasongko
Alquran
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Alquran

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Ulama asal Kanada Syekh Ahmad Kutty menjelaskan membaca Al qur'an mendapat pahala yang besar.  Nabi (saw) mengatakan,  “Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitab Allah, maka baginya satu  hasanah  (pahala) untuk melakukannya, dan setiap  hasanah  akan dikalikan 10. Saya tidak mengatakan bahwa ' alif, lam, mim ' satu huruf, tetapi ' alif ' satu huruf, ' lam ' satu huruf dan ' mim ' satu huruf.'”  (At Tirmidzi)

Pembacaan Al qur'an diperbolehkan setiap hari, bahkan pada saat-saat ketika shalat wajib dilarang seperti bagi wanita yang haid atau nifas. Satu-satunya pertimbangan yang harus dilakukan adalah tentang sujud bacaan atau  Sujud Tilawah. Beberapa ulama Hanafi melarang sujud pada waktu-waktu yang dilarang shalat.

Baca Juga

Mayoritas ulama tidak menemukan larangan dalam membaca Al qur'an setiap saat, karena teks hadits yang berkaitan dengan waktu ibadah yang dilarang hanya mengacu pada shalat. Jika membaca Al qur'an telah dimaksudkan, itu akan telah dinyatakan dengan jelas.n Ratna Ajeng Tejomukt

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement