14 Calhaj OKU Tunda Keberangkatan

Sabtu , 28 May 2022, 05:04 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Ilustrasi Jamaah haji dan umroh pakai masker di masa pandemi covid-19
Ilustrasi Jamaah haji dan umroh pakai masker di masa pandemi covid-19

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan mencatat sebanyak 14 Calon Jamaah Haji (CJH) mengajukan penundaan keberangkatan karena pasangan suami istri atau orang tua terpisah dampak pengurangan kuota haji tahun ini."Ada 14 CJH yang mengajukan penundaan keberangkatan haji tahun ini," kata Kasi Haji dan Umroh Kantor Kemenag Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Abdul Muis di Baturaja, Jumat (27/5/2022).

 

Terkait

Dia menjelaskan, dari 297 CJH asal Kabupaten OKU, hanya sebanyak 146 orang di antaranya yang akan diberangkatkan ke tanah suci Mekkah guna menjalankan ibadah haji tahun ini.Jumlah tersebut berkurang karena terdapat pengurangan kuota, termasuk CJH usia di atas 65 tahun ditunda keberangkatannya hingga tahun depan.

Baca Juga

"Inilah alasan 14 orang CJH yang mengajukan penundaan keberangkatan tahun ini karena terpisah dengan pasangannya yang berusia diatas 65 tahun. Jadi mereka memilih berangkat tahun depan," jelasnya.

Menurutnya, sejauh ini seluruh persiapan CJH yang siap berangkat tahun ini telah final seperti sudah melakukan pelunasan ibadah haji dan mendapat vaksinasi COVID-19 lengkap 100 persen."Termasuk kegiatan manasik haji sudah diikuti seluruh CJH menjelang keberangkatan," kata dia.

Hanya saja, Abdul Muis belum dapat memastikan jadwal pasti keberangkatan para CJHdari Kabupaten OKU menuju Asrama Haji Palembang sebelum terbang ke Mekkah."Informasi terakhir Kabupaten OKU mendapat kloter kedua pada Juni 2022. Nanti kalau ada informasi lanjutan akan kami kabarkan kepada seluruh jamaah," ujarnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini