Kemenag Lampung Masih Susun Kloter Keberangkatan Haji

Senin , 30 May 2022, 18:06 WIB Redaktur : Ani Nursalikah
Pekerja mempersiapkan Asrama haji Lampung. Kemenag Lampung Masih Susun Kloter Keberangkatan Haji
Pekerja mempersiapkan Asrama haji Lampung. Kemenag Lampung Masih Susun Kloter Keberangkatan Haji

IHRAM.CO.ID, BANDARLAMPUNG -- Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Lampung mengatakan masih menyusun kloter (kelompok terbang) keberangkatan calon jamaah haji 2022.

 

Terkait

"Saat ini kami masih menyusun kloter keberangkatan bagi calon jamaah haji, sebab masih ada sejumlah daerah yang belum mengirimkan pramanifes sehingga masih proses penyesuaian jadwal," ujar Kepala Bidang Pengadaan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Lampung Ansori F Citra, Senin (30/5/2022).

Baca Juga

Ia mengatakan, saat ini telah ada dua daerah yang memenuhi jumlah satu kloter keberangkatan. "Kota Bandarlampung dan Kabupaten Lampung Tengah sudah lebih dari satu kloter jadi bisa langsung masuk di tanggal 5 Juni. Tapi ada beberapa daerah yang belum penuh, jadi tengah disesuaikan untuk dilakukan penggabungan," ucapnya.

Menurutnya, direncanakan akan ada delapan kloter penuh asal Lampung dan satu kloter gabungan dengan Banten dalam keberangkatan tahun ini. "Jadi nanti ada tiga kloter penuh dan satu kloter campuran bersama 22 orang dari Banten menggunakan maskapai Garuda Indonesia. Lalu, lima kloter menggunakan Saudi Arabia Airlines," ujarnya.

Dia menjelaskan, karena kapasitas maskapai yang digunakan berbeda sehingga pengajuan kloter sementara akan dilakukan sembari menunggu proses pengajuan visa bagi calon jamaah haji.

"Jumlah manifes untuk maskapai Saudi Arabia sekitar 410 orang, sedangkan Garuda Indonesia sekitar 393 orang. Jadi akan ada penggabungan dan ini harus disesuaikan, sebab isi muatan pesawat berbeda-beda," katanya.

Ia melanjutkan, setelah Pemerintah Arab Saudi membuka kembali penyelenggaraan ibadah haji, maka keberangkatan calon jamaah haji akan dilakukan pada 6 Juni 2022. "Rencana akan dilakukan pemberangkatan pada 6 Juni 2022. Ada tujuh kloter di gelombang pertama, dan dua kloter pada gelombang kedua," ujarnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini