Garuda Optimalkan Kesiapan Operasional Penerbangan Layani Calon Jamaah Haji

Selasa , 31 May 2022, 23:05 WIB Reporter :Muhammad Nursyamsi/ Redaktur : Muhammad Hafil
   Angkutan Ibadah Haji.  Pesawat Garuda Indonesia  saat keberangkatan pertama jamaah calon haji di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, Ahad (7/7/2019).
Angkutan Ibadah Haji. Pesawat Garuda Indonesia saat keberangkatan pertama jamaah calon haji di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, Ahad (7/7/2019).

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Maskapai nasional Garuda Indonesia terus memperkuat berbagai langkah optimalisasi kesiapan operasional penerbangan dalam mendukung musim Haji 1443/2022, di mana Garuda Indonesia mendapatkan kepercayaan untuk menerbangkan 47.915 calon jamaah Haji ke Tanah Suci mulai 4 Juni hingga 13 Agustus 2022 mendatang.

 

Terkait

Kesiapan tersebut dioptimalkan di berbagai aspek operasional, khususnya kesiapan armada. Garuda Indonesia akan terus memastikan bahwa seluruh pesawat berbadan lebar (wide body) yang akan digunakan untuk melayani calon jamaah haji dalam keadaan prima dan layak terbang melalui serangkaian inspeksi, termasuk perawatan menyeluruh terhadap mesin pesawat serta komponen vital pesawat lainnya.

Baca Juga

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, sebagai national flag carrier, Garuda Indonesia terus mengoptimalkan komitmennya untuk  menjalankan tugas penting melayani jemaah Haji asal Indonesia ke Tanah Suci dengan menghadirkan penerbangan yang aman dan nyaman. Mendapatkan kepercayaan untuk melayani penerbangan haji selama lebih dari 60 tahun tentunya menjadi manifestasi tersendiri dalam upaya kami untuk senantiasa berada di garda terdepan untuk menyediakan aksesibilitas penerbangan yang optimal bagi masyarakat Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di Indonesia.

“Kami memahami, musim Haji 1443/2022 ini memiliki makna penting bagi masyarakat yang telah menantikan perjalanan ini selama dua tahun lamanya. Karena itu, kami akan memastikan seluruh jemaah mendapatkan layanan terbaik, mulai dari sebelum penerbangan hingga tiba kembali di Tanah Air," ujar Irfan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (31/5/2022).

Irfan melanjutkan, sebagai upaya untuk menghadirkan seamless experience bagi para jamaah haji, Garuda Indonesia juga akan memaksimalkan  jumlah personel yang akan bertugas di setiap touch points layanan. Hal itu tak lain untuk memastikan kebutuhan para jemaah di era kenormalan baru ini dapat terpenuhi secara optimal.

Sementara itu, sebanyak 47.915 jemaah haji tahun ini akan dibagi ke dalam 128 kelompok terbang (kloter), dan akan diberangkatkan dari sembilan embarkasi, yaitu: Banda Aceh, Medan, Padang, Jakarta, Solo, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, dan Lombok. Dalam Musim Haji kali ini, Garuda Indonesia akan mengoperasikan tujuh armada wide body, yang terdiri dari 4 pesawat B777-300ER, 1 pesawat A330-300, dan 2 pesawat A330-900neo.

Lebih lanjut, sebagai upaya untuk memberikan nilai tambah layanan bagi para  jemaah, Garuda Indonesia akan menghadirkan berbagai pilihan hiburan In-flight Entertainment bernuansa islami selama penerbangan. Tak hanya itu, para jemaah juga akan mendapatkan inflight catering sesuai menu khas daerah embarkasi.

Sementara itu, sejalan dengan komitmen Garuda Indonesia untuk mendukung gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia, Garuda Indonesia pada penerbangan haji tahun ini juga bekerja sama dengan berbagai produsen produk retail dan fashion nasional, salah satunya untuk menghadirkan aksesori berupa kerudung yang akan melengkapi seragam khusus awak kabin Garuda Indonesia. Sebelumnya, Garuda Indonesia juga telah secara aktif berkolaborasi dengan berbagai brand lokal ternama untuk menghadirkan merchandise menarik sebagai upaya untuk memberikan nilai tambah bagi para pengguna jasa.

Dalam upaya mewujudkan penerbangan Haji yang nyaman dan sehat di era kenormalan baru ini, Garuda Indonesia mengimbau seluruh jemaah untuk senantiasa memastikan protokol kesehatan masing-masing, serta mematuhi berbagai regulasi yang berlaku terkait pelaksanaan perjalanan Haji yang telah ditetapkan oleh otoritas terkait.

Garuda, lanjut Irfan, akan terus memantau kesiapan operasional penerbangan haji ini melalui koordinasi intensif dengan berbagai pemangku kepentingan, untuk memastikan penerbangan Haji tahun ini dapat berjalan lancar, tepat waktu, dan tentunya mampu memberikan kenyamanan kepada seluruh jemaah.

"Kami juga mengimbau para jemaah untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan secara konsisten untuk memastikan seluruh jamaah dalam keadaan sehat hingga tiba kembali di Tanah Air," kata Irfan.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini