Garuda Siapkan Tujuh Armada Angkutan Haji 2022

Rabu , 01 Jun 2022, 21:41 WIB Reporter :Rahayu Subekti/ Redaktur : Fuji Pratiwi
Pesawat Garuda Indonesia. PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk memastikan kesiapannya untuk angkutan Haji 2022.
Pesawat Garuda Indonesia. PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk memastikan kesiapannya untuk angkutan Haji 2022.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA — PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk memastikan kesiapannya untuk angkutan haji 2022. Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, ada tujuh pesawat yang disiapkan untuk mengangkut jumlah jamaah haji yang dilayani Garuda tahun ini.

 

Terkait

"Jumlah jamaah sekitar 50 persen (dibandingkan angkutan haji 2019). Ini sesuai dengan kuota yang hanya dikasih 50 persen oleh pemerintah Arab Saudi," kata Irfan kepada Republika, Rabu (1/6/2022). 

Baca Juga

Irfan mengungkapkan, pada operasional penerbangan haji 2022, Garuda Indonesia akan mengangkut sebanyak 47.915 calon jamaah haji ke Tanah Suci. Sementara pada angkutan haji 2019, Garuda Indonesia mengangkut 111.071 calon jamaah haji dengan menggunakan 14 pesawat dari sembilan embarkasi. 

Dia menjelaskan, sebanyak 47.915 jamaah haji tahun ini akan dibagi ke dalam 128 kelompok terbang (kloter). Calon jamaah haji akan diberangkatkan dari sembulan embarkasi yaitu Banda Aceh, Medan, Padang, Jakarta, Solo, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, dan Lombok. 

"Paling banyak jamaah diberangkatkan dari Jakarta," ujar Irfan.

Garuda Indonesia akan mengoperasikan tujuh armada wide body. Armada tersebut terdiri dari empat pesawat B777-300ER, satu pesawat A330-300, dan dua pesawat A330-900neo.

Irfan memastikan, penerbangan calon jamaah haji akan dilakukan mulai 4 Juni hingga 13 Agusus 2022. "Kami akan memastikan seluruh jemaah mendapatkan layanan terbaik, mulai dari sebelum penerbangan hingga tiba kembali di Tanah Air," ungkap Irfan. 

Dia menambahkan, sebagai upaya untuk menghadirkan seamless experience bagi para jamaah haji, Garuda Indonesia juga akan memaksimalkan jumlah personel yang akan bertugas di setiap simpul layanan. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan kebutuhan para jamaah di era kenormalan baru ini dapat terpenuhi secara optimal.

Sebagai upaya untuk memberikan nilai tambah layanan bagi para jamaah, Irfan memastikan Garuda Indonesia akan menghadirkan berbagai pilihan hiburan in-flight entertainment bernuansa Islami selama penerbangan. Tak hanya itu, para jamaah juga akan mendapatkan inflight catering sesuai menu khas daerah embarkasi.

Pada penerbangan haji tahun ini, Irfan mengatakan Garuda juga bekerja sama dengan berbagai produsen produk retail dan fashion nasional. Salah satunya untuk menghadirkan aksesori berupa kerudung yang akan melengkapi seragam khusus awak kabin Garuda Indonesia.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini