Sebanyak 393 Calon Jamaah Haji Lampung Kloter I Berangkat 6 Juni

Rabu , 01 Jun 2022, 21:19 WIB Reporter :Mursalin Yasland/ Redaktur : Nashih Nashrullah
Ilustrasi jamaah haji Lampung. Calon jamaah haji Lampung kloter I memasuki asrama pada 5 Juni
Ilustrasi jamaah haji Lampung. Calon jamaah haji Lampung kloter I memasuki asrama pada 5 Juni

IHRAM.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Sebanyak 393 orang calon jamaah haji asal Kota Bandar Lampung tergabung dalam kloter I akan berangkat pada 6 Juni 2022. Ratusan jamaah tersebut sudah tiba di asrama haji sehari sebelumnya.

 

Terkait

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung berharap calon jamaah haji untuk terus menjaga kesehatan sampai proses pemberangkatan haji tiba. "Tanggal 5 Juni  jamaah sudah masuk asrama haji, lalu tanggal 6 Juni berangkat,” kata  Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemprov Lampung Qodratul Ikhwan di Bandar Lampung, Rabu (1/5/2022).

Baca Juga

Dia berharap waktu yang tinggal sedikit tersebut hendaknya para jamaah menjaga kesehatan secara prima sebelum berangkat, agar ketika mau berangkat tidak ada masalah lagi. "Jangan sampai saat hendak berangkat bermasalah," ujarnya. 

Dia mengatakan, perjalanan ibadah haji membutuhkan kesehatan fisik dan psikis yang kuat, agar pelaksanaan ibadah rukun Islam kelima tersebut berjalan lancar dan aman. Untuk itu, kepada para jamaah terutama bagi yang berasal dari daerah cukup jauh untuk segera melakukan tes antigen sebelum kedatangan di asrama haji. 

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bandar Lampung Musal Badri Kesuma mengatakan, Kloter I Lampung JKG 4 diisi calon jamaah haji dari Kota Bandar Lampung berjumlah 393 orang. Jumlah tersebut dari 387 calon jamaah haji, 2 Petugas Haji Daerah (PHD) dan 4 Petugas Haji (1 TPHI, 1 TPIHI dan 2 TKHI). 

Dia menjelaskan, tahapan persiapan keberangkatan, pada 31 Mei 2022 telah diadakan Rapat Karu/Karom dan dilanjutkan pelepasan calon jamaah haji secara keseluruhan sejumlah 749 orang pada 2 Juni 2022. 

Sedangkan penyerahan koper dan hasil tes Polymerase Chain Reaction (PCR) negatif dilakukan 4 Juni 2022. Pada 5 Juni jamaah sudah masuk asrama haji Rajabasa, selanjutnya pada 6 Mei 2022 semua jamaah berangkat dari Bandara Embarkasi Haji Antara Radin Inten II menuju Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. 

Mengenai pemeriksaan PCR dilaksanakan di dua tempat yakni di Laboratorium Kesehatan Daerah Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Jl Sam Ratulangi dan juga berlangsung di RSUD Abdul Moeloek Lampung. 

Data yang diperoleh, kloter I asal Kota Bandar Lampung terdiri dari calon jamaah haji yang tergabung dalam KBIHU Safir Al Madinah 136 orang, KBIHU Darul Fatah 102 orang, KBIHU Assyifa 81 orang, KBIHU LABBAIK 53 orang serta dari Jamaah Haji Mandiri 15 orang. 

Sedangkan agenda kegiatan haji yang diperoleh dari Kanwil Kemenag Provinsi Lampung yakni pada 3 Juni 2022 jamaah mulai memasuki asrama haji, 4-18 Juni 2022 jamaah Gelombang I berangkat menuju Madinah. Pada 13 - 27 Juni 2022 jamaah Gelombang I berangkat dari Madinah ke Makkah. 

Selanjutnya pada 19 Juni-3 Juli 2022 jamaah Gelombang II berangkat menuju Jeddah/Madinah. Semua keberangkatan jamaah berakhir pada 3 Juli 2022. Saat ini Kanwil Kemenag Lampung masih mempersiapkan kelengkapan dokumen haji, seperti pemeriksaan paspor, visa, data vaksin, dan sebagainya.  

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini