Sabtu 04 Jun 2022 06:12 WIB

Selain Soekarno-Hatta, 4 Bandara AP II Ini Siap Layani Jamaah Haji

Total ada lima bandara AP II yang melayani keberangkatan jamaah haji tahun ini.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
Petugas mempersiapkan konter pemeriksaan keimigrasian jamaah calon haji untuk musim haji 2022 di Terminal 2 F Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (3/6/2022).
Foto: ANTARA/Muhammad Iqbal
Petugas mempersiapkan konter pemeriksaan keimigrasian jamaah calon haji untuk musim haji 2022 di Terminal 2 F Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (3/6/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Selain Bandara Soekarno-Hatta, empat bandara lain yang dikelola PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) juga melayani jamaah haji 2022. Keempatnya yaitu Bandara Kualanamu (Deli Serdang), Minangkabau (Padang), Sultan Iskandar Muda (Aceh), dan Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang). 

“Bandara Kualanamu melayani keberangkatan jamaah haji dari Sumatra Utara sebanyak 10 kloter dengan jumlah 3.854 orang jamaah haji,” kata Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin dalam pernyataan tertulisnya, Jumat (3/6/2022). 

Baca Juga

Dia menjelaskan proses keberangkatan jamaah haji di Bandara Kualanamu termasuk keimigrasian dan keamanan dijalani di asrama haji. Selanjutnya jamaah dengan bus menuju sisi udara untuk naik pesawat.

Sementara itu, Bandara Minangkabau melayani keberangkatan jamaah haji dari Sumatra Barat dan Bengkulu. Jamaah haji yang dilayani di Bandara Minangkabau sebanyak 2.883 orang di dalam delapan kloter. 

“Proses keberangkatan jamaah (di Bandara Kualanamu) termasuk keimigrasian dan keamanan dilakukan di asrama haji, sementara proses pemeriksaan bagasi penumpang di Terminal Kargo Bandara Minangkabau,” ungkap Awaluddin. 

Lalu Bandara Sultan Iskandar Muda melayani keberangkatan enam kloter dengan 2.023 orang jamaah haji. Proses keberangkatan termasuk keimigrasian dan keamanan dilakukan di asmara haji untuk kemudian jamaah dengan bus menuju sisi udara bandara.

Sementara untuk Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II melayani keberangkatan 3.732 orang jamaah haji asal Sumatra Selatan dan Bangka di dalam sembilan kloter. “Di asrama haji, jamaah  menjalani proses keberangkatan termasuk keimigrasian dan keamanan lalu dengan bus menuju sisi udara,” jelas Awaluddin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement