Senin 06 Jun 2022 12:30 WIB

Jamaah Haji Dianjurkan Minum Seperti Nabi Muhammad, Ini Manfaatnya

Minum seperti Nabi Muhammad dianjurkan bagi jamaah haji.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil
 Jamaah Haji Dianjurkan Minum Seperti Nabi Muhammad, Ini Manfaatnya. Foto:  Petugas dari tim promosi kesehatan (Promkes) PPIH Arab Saudi dr Nugraheni Ratna memberikan edukasi tentang pesan kesehatan kepada jamaah haji Indonesia.
Foto:

Seperti diketahui, tepat pukul 12.26 waktu Arab Saudi kelompok terbang jamaah haji dari JKG tiba Paviliun Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA), Sabtu(4/6/2022).  Kedatangan jamaah langsung disambut tim promosi kesehatan (promkes) PPIH Arab Saudi bidang kesehatan untuk diberikan edukasi tentang bagaimana menjaga kesehatan selama di Arab Saudi. 

Salah satu tim promkes Dian Septika Sari langsung mendekat untuk memberikan pesan-pesan kesehatan kepada jamaah haji. Dian mengingatkan agar jamaah selalu banyak minum jangan menunggu haus, menggunakan alat pelindung diri jika keluar pondokan. 

"Suhu udara di sini sangat panas bapak ibu. Begitu panasnya kaca di kantor kesehatan haji Indonesia (KKHI) sampai pecah," katanya.

Dian mengingatkan jangan sampai panasnya sengatan matahari mengganggu kesehatan yang menyebabkan jamaah sakit. Sehingga tidak bisa menjalankan ibadah pada saatnya melaksanakan ibadah haji. 

Sementara itu  tim promkes yang lain Sri Dalyanti juga mendekat dan menyemprotkan air ke bagian wajah para jamaah haji. Hal itu dilakukan setelah Sri Dalyanti meminta izin untuk menyemprotkan air ke wajah jamaah.

Selain itu Sri juga memasangkan masker kepada jamaah haji yang maskernya sudah rusak. Sri mengingatkan agar masker selalu digunakan berada di luar pemodokan. 

"Bapak Ibu meski Arab Saudi tidak mewajibkan masker,  tetap kita harus menggunakan masker agar kesehatan kita selalu terjaga," katanya.

Tim promkes lainnya Mara'h Asanul juga melakukan hal yang sama memberikan pesan-pesan kesehatan kepada jamaah di bangku-bangku yang lain. Ada banyak bangku yang telah tersedia di paviliun  Bandara ini sebagai tempat ruang tunggu jamaah haji sebelum berangkat ke pemondokannya.

"Bapak Ibu perlu diingat ya cuaca di Arab Saudi panas, selalu minum air jangan menunggu haus," katanya.

Mendengar pesan pesan menjaga kesehatan dari tim promkes, jamaah langsung mengeluarkan botol semprotan dan mengisinya dengan air titik Setelah mengisinya dengan air mereka para jamaah langsung menyemprotkan sendiri air ke wajahnya masing-masing bahkan ada di antara mereka saling menyemprotkan air ke wajahnya.

Qhoriyah jamaah haji asal Jakarta Selatan mengaku senang banyak orang-orang Indonesia di Arab Saudi ini yang memberikan saran dan masukan bagaimana menjaga kesehatannya selama di Arab Saudi. 

"Alhamdulillah ternyata banyak orang kita ya mereka nyaranin kita bagaimana menjaga kesehatan," katanya.

Qhoriah mengatakan, harus menunggu sampai 10 tahun untuk bisa berangkat ke Arab Saudi. Qhoriyah senang akhirnya Allah Subhanahu Wa Ta'ala memilihnya tahun ini untuk berangkat melaksanakan ibadah haji. 

"Ya senang sekali karena sudah batal dua tahun karena pandemi," katanya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement